Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

6 Peluang Bisnis Ikan Hias yang Bisa Untung hingga Jutaan Rupiah

Memelihara ikan hias tampaknya sudah tidak hanya menjadi sekadar hobi belaka. Selain jadi hewan peliharaan, ikan hias juga bisa menjadi sebuah ladang bisnis yang menguntungkan.

Bisnis ikan hias bisa menjadi sebuah peluang bisnis yang menjanjikan di kalangan pecinta ikan hias atau masyarakat pada umumnya. Beberapa jenis ikan hias memang menawarkan nilai jual yang lumayan tinggi dinilai dari segi keindahan warna dan bentuk fisiknya. Seperti jenis ikan hias berikut ini yang bisa menjadi peluang bisnis yang bisa mendapat keuntungan hingga jutaan rupiah.

6 Jenis Ikan Hias yang Bisa Jadi Peluang Bisnis Menguntungkan

1. Ikan Cupang

Meski ukurannya kecil, ikan cupang memiliki nilai jual yang lumayan tinggi. Ikan cupang memiliki banyak jenis. Setiap jenis ikan cupang memiliki keindahan corak warna tubuh yang berbeda-beda. Rata-rata ikan cupang juga memiliki bentuk tubuh yang anggun ketika berenang. Hal itulah yang membuat ikan cupang memiliki nilai jual tersendiri.

ikan cupang
sumber: freepik.com

Harga ikan cupang berbeda-beda tergantung jenis dan corak warna yang dimilikinya. Jenis cupang populer yang biasa dijual antara lain ikan cupang halfmoon, ikan cupang plakat, ikan cupang HMPK (persilangan halfmoon dengan plakat), ikan cupang double tail, ikan cupang crown tail, dan ikan cupang fancy.

Memelihara ikan cupang juga tergolong mudah. Paling sederhananya, Anda hanya perlu menyiapkan akuarium ukuran kecil dan aerator. Jika dua perlengkapan tersebut sudah tersedia, Anda sudah siap untuk memelihara ikan cupang.

2. Ikan Louhan

Ikan Louhan memiliki ciri khas yaitu terdapat benjolan di dahinya dan juga corak warnanya yang begitu indah. Semakin besar benjolan dimilikinya, maka harganya bisa semakin mahal. 

ikan louhan
sumber: freepik.com

Selain benjolan, faktor yang memiliki nilai jual dari ikan louhan yaitu dari jenis, corak warna, dan ukurannya. Jenis ikan louhan yang populer ada louhan SRD (Super Red Dragon), kamfa, bonsai, golden red, golden monkey, dan thai silk.

3. Ikan Arwana

Jenis ikan predator satu ini sangat populer di kalangan pecinta ikan hias dan memiliki nilai jual yang sangat tinggi. Arwana memiliki tubuh yang indah dan gerakannya sangat elok saat berenang. Arwana di pasaran berkisar dari ratusan ribu hingga puluhan juta rupiah. Perbedaan arwana bergantung pada jenis dan ukurannya.

ikan arwana
sumber: freepik.com

Jenis arwana yang paling populer dan paling mahal adalah arwana super red yang harganya bisa mencapai puluhan juta. Di bawahnya ada arwana golden red, arwana crossback golden, arwana jardini, arwana banjar, dan yang paling murah ada arwana silver atau arwana brazil.

Selain harga jualnya yang sangat mahal, perawatan dan perlengkapan memelihara arwana juga mahal. Anda perlu menyiapkan akuarium dengan ukuran yang besar sebab arwana dapat tumbuh hingga lebih dari satu meter. Selain itu, Anda juga perlu menyiapkan lampu tanning bagi yang ingin menonjolkan warna tubuh dari arwana dan peralatan akuarium lainnya seperti filter, aerator, dan lain-lain. Arwana juga lebih menyukai pakan hidup seperti ikan, udang, katak, atau kelabang.

4. Ikan Channa

Ikan channa dikenal di Indonesia dengan nama ikan gabus. Ikan channa juga termasuk ikan predator yang ganas. Walaupun ganas, beberapa jenis ikan channa memiliki corak warna dan bentuk tubuh yang indah. Faktor tersebut menjadi patokan nilai jual ikan channa di samping ukurannya. Beberapa jenis ikan channa yang populer yaitu channa maru, channa auranti, channa barca, channa asiatica, dan channa argus.

ikan channa
sumber: freepik.com

5. Ikan Mas Koki

Ikan dengan perawakan gembul dan lucu ini juga memiliki daya tarik dan nilai jual yang lumayan tinggi. Nilai jual ikan mas koki terletak pada keindahan dan keunikan bentuk tubuhnya. Selain itu, mas koki juga memiliki warna yang cantik dan beragam tergantung jenisnya.

ikan mas koki
sumber: freepik.com

Ikan mas koki memiliki banyak jenis, jenis-jenis ikan mas koki yang biasa dijual di pasaran antara lain ikan mas koki oranda, ryukin, black moor, ranchu, mutiara, bubble eyes, dan lion head.

6. Ikan Hias Air Laut

Nilai jual ikan hias air laut tak kalah jauh jika dibandingkan dengan ikan hias air tawar. Jenis-jenis ikan hias air laut juga menawarkan keindahan corak warna dan bentuk tubuh yang cantik-cantik pula seperti ikan hias air tawar. Beberapa jenis ikan hias air laut yang biasa dijual dan dipelihara orang-orang yaitu clownfish, angelfish, butterflyfish, tang fish, dan lion fish.

ikan hias air laut
sumber: freepik.com

Namun bagi Anda yang mau menjual dan memelihara ikan hias air laut, Anda perlu melakukan perawatan yang lumayan ekstra. Anda harus menjaga kualitas air laut dari segi keasinannya, menambahkan tanaman-tanaman laut atau terumbu karang, dan beberapa perlengkapan tambahan lainnya.

Demikianlah penjelasan mengenai peluang bisnis ikan hias yang menjanjikan dan dapat menghasilkan keuntungan hingga jutaan rupiah. Ikuti terus sekadarinfo.com untuk mendapatkan info menarik seputar bisnis dan keuangan yang lainnya.

Ghulam Mannani
Ghulam Mannani Pemuda Biasa yang Gemar Mendengar Lagu-Lagu Iwan Fals

2 komentar untuk "6 Peluang Bisnis Ikan Hias yang Bisa Untung hingga Jutaan Rupiah"