Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

8 Inspirasi Jualan Makanan yang Laris di Kampung

Peluang bisnis bisa datang dari mana saja. Anda bisa berjualan di daerah perkotaan atau perkampungan. Memang peluang bisnis yang bisa didapat di perkotaan jauh lebih besar daripada di daerah kampung.

Namun, jualan di kampung juga tidak kalah potensinya dibanding di perkotaan. Anda bisa membangun bisnis sederhana yang menguntungkan dengan mengeluarkan modal yang kecil, seperti beberapa inspirasi jualan makanan yang laris di kampung berikut ini.

jualan makanan yang laris di kampung
sumber: freepik.com

Daftar Jualan Makanan yang Laris di Kampung

Berikut ini kami sajikan beberapa rekomendasi jualan makanan yang laris di kampung. Ada apa saja? Baca poin-poin di bawah ini!

1. Bubur Ayam

Bubur ayam bisa menjadi peluang bisnis yang menguntungkan di kampung. Banyak orang yang membeli bubur ayam karena nikmat disantap khususnya pada waktu sarapan.

Bisnis bubur ayam bisa menjadi jualan makanan yang laris di kampung. Anda bisa membangun bisnis bubur ayam dengan modal yang kecil. Anda hanya cukup mengeluarkan modal untuk membeli sebuah gerobak atau stand makanan, bahan baku bubur, serta bahan-bahan topping seperti ayam, kacang, daun bawang, dan kerupuk.

Anda juga perlu mengeluarkan modal untuk membeli peralatan memasak seperti kompor, gas, dan dandang bubur.

2. Bakso dan Mie Ayam

Kuliner yang satu ini juga memiliki banyak peminat dari semua golongan masyarakat. Baik masyarakat perkotaan atau di kampung pasti banyak yang suka dengan makanan satu ini.

Penjual bakso dan mie ayam pun juga tersebar di mana-mana. Maka dari itu, bisnis makanan olahan daging satu ini juga bisa menjadi jualan makanan yang laris di kampung.

3. Gorengan

Gorengan mungkin bisa dibilang adalah makanan sejuta umat. Banyak orang yang suka dengan makanan berminyak dan gurih ini. Gorengan sangat enak dinikmati saat waktu luang atau nongkrong dengan ditemani segelas kopi atau teh. Gorengan memiliki banyak jenis seperti tempe goreng, pisang goreng, tahu isi, cireng, risol, dan ubi goreng.

Gorengan bisa menjadi jualan makanan yang laris di kampung. Peminatnya banyak dan modal yang dibutuhkan juga kecil. Bahan baku pembuatan gorengan sangat murah dijual di pasaran. Anda bisa memproduksi gorengan dalam jumlah banyak dengan modal yang tidak besar.

4. Pecel Lele dan Ayam

Jualan pecel lele dan ayam bisa menjadi peluang bisnis yang menguntungkan di daerah perkampungan. Pecel lele dan ayam juga menjadi salah satu kuliner favorit dan banyak dijual oleh masyarakat, baik yang di perkotaan maupun di kampung.

Untuk memulai bisnis ini Anda bisa menjalin kerjasama dengan peternak lele atau ayam yang ada di kampung. Pilihlah mitra usaha yang memberikan kualitas ternak yang bagus dengan harga yang terjangkau. Dengan begitu, Anda bisa menghemat modal untuk memulai jualan pecel lele dan ayam.

5. Nasi Goreng

Nasi Goreng bisa menjadi salah satu jualan makanan yang laris di kampung. Kuliner ini juga memiliki banyak peminat di hati masyarakat. Kuliner ini biasa dijual dan paling enak disantap saat malam hari.

Anda juga tidak perlu mengeluarkan modal yang besar untuk memulai bisnis jualan nasi goreng. Sebab bahan baku dari nasi goreng sangat mudah didapat dan harganya lumayan terjangkau di pasaran.

6. Kue Basah

Kue basah atau jajanan pasar merupakan makanan yang paling banyak ditemui di daerah kampung, khususnya pasar tradisional. Kue basah memiliki banyak varian seperti kue cucur, kue pukis, kue nagasari, bolu kukus, kue putu mayang, kue dadar gulung, dan jenis kue basah lainnya.

Jualan kue basah juga bisa menjadi salah satu jualan makanan yang laris di kampung. Kue basah banyak dibeli di pasar-pasar tradisional. Jualan kue basah juga tidak membutuhkan modal yang sangat besar.

7. Martabak

Martabak juga menjadi salah kuliner banyak dijual dan memiliki banyak peminat di banyak daerah. Martabak bahkan memiliki nama-nama yang berbeda di beberapa daerah, seperti jika di Bandung disebut kue terang bulan, di Semarang disebut kue bandung, di Pontianak disebut apam pinang, dan di Bangka Belitung disebut dengan hok lo pan.

Martabak juga bisa dapat dijadikan salah satu inspirasi jualan makanan yang laris di kampung. Martabak bisa disajikan secara gurih dengan membuat sebuah martabak telur atau juga bisa disajikan secara manis dengan membuat martabak manis yang dilengkapi berbagai toping yang menggugah selera.

Dengan banyaknya variasi cita rasa tersebut, martabak menjadi banyak diminati oleh masyarakat, baik itu yang ada di perkotaan maupun di kampung. Penjual martabak juga banyak tersebar di beberapa titik daerah Indonesia.

8. Ketoprak dan Gado-Gado

Ketoprak dan gado-gado dikenal sebagai salad khas dari Indonesia. Makanan yang merupakan perpaduan dari lontong, sayur-sayuran, dan saus kacang ini juga sangat disukai oleh masyarakat di perkotaan atau pedesaan.

Untuk mulai berjualan ketoprak dan gado-gado juga tidak membutuhkan modal yang begitu besar. Sehingga jualan ketoprak dan gado-gado juga dapat menjadi rekomendasi jualan makanan yang laris di daerah kampung.

Demikianlah penjelasan mengenai daftar rekomendasi jualan makanan yang laris di kampung. Anda bisa mencoba salah satu jualan tersebut dengan menyesuaikan budget dan kapasitas yang Anda miliki. Selamat mencoba berbisnis!

Ghulam Mannani
Ghulam Mannani Pemuda Biasa yang Gemar Mendengar Lagu-Lagu Iwan Fals

1 komentar untuk "8 Inspirasi Jualan Makanan yang Laris di Kampung"