Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Peluang Bisnis Basreng dan Tips Mengembangkannya

Basreng menjadi salah satu camilan yang digemari oleh masyarakat. Camilan berbahan dasar tepung dan ikan ini sangat digemari karena rasanya yang gurih dan pedas. Basreng banyak dijual di warung-warung, toko oleh-oleh, minimarket, hingga supermarket. Basreng memang menjadi salah satu camilan yang memiliki permintaan tinggi oleh konsumen.

bisnis basreng
sumber: pexels.com

Berlatar dari hal tersebut, para produsen pun banyak yang mencoba meraup keuntungan dengan menjalankan bisnis jual basreng. Bahkan ada sebagian produsen basreng yang berhasil dalam mengembangkan bisnisnya. Contohnya seperti Raja Ngemil yang belakangan menjadi viral melalui strategi pemasaran yang mereka lakukan di aplikasi Tiktok. Mereka sering mengadakan live Tiktok untuk menjangkau konsumen secara lebih luas.

Selain Raja Ngemil, ada juga merek camilan aneka keripik yang sudah terkenal bernama Maicih. Maicih juga memproduksi basreng dengan pengemasan yang lebih modern. Basreng Maicih dijual dan dapat mudah ditemukan di minimarket atau supermarket terdekat.

Itulah dua contoh dari dua brand basreng yang berhasil dalam mengembangkan bisnisnya. Tentunya masih ada banyak brand basreng lainnya di luaran sana dengan strateginya masing-masing dalam mengembangkan bisnisnya.

Nah, bagi Anda yang tertarik atau baru mau memulai bisnis basreng, berikut ini telah kami sajikan beberapa tips dalam mengembangkan peluang bisnis basreng agar bisnis Anda dapat sukses dan dikenal banyak orang.

Tips Mengembangkan Peluang Bisnis Basreng

Inilah beberapa tips yang bisa Anda coba untuk mengembangkan bisnis basreng yang sedang atau akan Anda jalankan nantinya.

1. Lakukan Riset Pasar

Hal ini adalah hal yang harus pertama dilakukan sebelum memulai bisnis basreng Anda. Anda harus melakukan riset pasar dan menentukan target pasar yang tepat. Apakah target pasar Anda meliputi semua kalangan atau kalangan tertentu saja seperti generasi millenial yang menyukai makanan pedas?

Anda harus mempelajari target pasar Anda untuk menyesuaikan kriteria produk yang Anda akan jual. Dengan menentukan target pasar yang sesuai, bisnis basreng yang Anda akan jalani dapat terarah untuk proses ke depannya.

2. Memaksimalkan Kualitas Produk

Setelah melakukan riset pasar yang sesuai, inilah hal kedua yang harus Anda pertimbangkan sebelum memulai bisnis basreng Anda. Sebab ketika Anda memutuskan untuk memulai bisnis, kunci utama kesuksesannya terletak pada produk yang Anda jual.

Untuk itu, maksimalkan kualitas dari produk Anda! Buatlah produk basreng dengan cita rasa yang enak dan unik! Buatlah produk basreng dengan rasa ikannya yang sangat terasa, tidak keras, tidak amis, tidak terlalu berminyak, dan dipadu rasa bumbu yang variatif dan pas! Maka niscaya produk Anda akan memiliki keunggulan tersendiri dan disukai oleh banyak konsumen.

3. Buat Nama Brand yang Unik

Jika Anda mau meningkatkan brand awareness dari bisnis basreng Anda, cobalah untuk membuat nama brand yang unik dan gampang diingat orang. Dengan pemberian nama brand yang unik, ingatan brand Anda akan melekat di kepala konsumen. Di samping nama brand yang unik, pastikan nama brand yang Anda buat bersifat relevan dan representatif terhadap produk Anda.

4. Manfaatkan Strategi Pemasaran Digital

Pada zaman sekarang, semua hal terkoneksi dengan digital. Begitu pula dalam melakukan strategi pemasaran. Perusahaan banyak yang menerapkan strategi pemasaran dalam bisnisnya.

Nah, supaya Anda tidak tertinggal dengan perusahaan lainnya, cobalah Anda menerapkan strategi pemasaran digital pada bisnis basreng Anda. Anda bisa memasarkan produk basreng Anda melalui kanal digital seperti website, media sosial (FB, Instagram, Tiktok, Twitter, Whatsapp Bisnis), atau email. Anda juga bisa memasang iklan secara online di Google Ads, FB Ads, Twitter Ads, atau Tiktok Ads.

Dengan memanfaatkan saluran-saluran digital tersebut, Anda dapat menjangkau konsumen dan mengembangkan bisnis basreng Anda secara lebih luas.

5. Memaksimalkan Kualitas Layanan yang Anda Berikan

Di samping kualitas produk basreng Anda, faktor layanan yang Anda berikan kepada pelanggan juga harus diberikan secara maksimal. Bentuk layanan ini meliputi bagaimana cara Anda berinteraksi terhadap konsumen dan menerima komplain yang ada.

Dalam berinteraksi dengan pelanggan, baik itu secara offline ataupun online melalui media sosial, Anda harus melayani pelanggan dengan baik dan ramah. Ketika pelanggan bertanya seputar produk basreng Anda, Anda harus merespon pelanggan tersebut secara baik dan informatif. Intinya berilah kesan yang baik terhadap pelanggan Anda.

Lalu, jika ada komplain terhadap produk basreng Anda, Anda harus menerima secara baik masukan yang diberikan oleh pelanggan Anda. Jadikan masukan atau komplain dari pelanggan tersebut sebagai bahan evaluasi untuk membuat produk basreng yang lebih baik lagi dalam waktu ke depan.

Nah, demikianlah penjelasan mengenai peluang bisnis basreng dan beberapa tips untuk mengembangkan bisnis basreng yang akan Anda jalankan. Semoga artikel ini bisa bermanfaat bagi Anda yang mau mulai berbisnis jualan basreng.

Ghulam Mannani
Ghulam Mannani Pemuda Biasa yang Gemar Mendengar Lagu-Lagu Iwan Fals

2 komentar untuk "Peluang Bisnis Basreng dan Tips Mengembangkannya"