Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

7 Usaha yang Tidak Musiman, Stabil & Terus Cuan

Setiap usaha atau bisnis pasti memiliki karakteristik yang berbeda-beda. Ada usaha yang tetap stabil dan tidak dipengaruhi oleh waktu atau musim tertentu, Ada pula yang dipengaruhi oleh waktu atau bisa disebut dengan bisnis musiman. Keduanya sama-sama bisa menguntungkan, namun pilihannya tinggal kembali pada preferensi bisnis Anda. Anda mau menjalankan bisnis yang stabil atau menjalankan bisnis musiman yang terkadang bisnis tersebut bisa untung banyak dikarenakan hype yang ada.

Nah bagi Anda yang lebih memilih untuk mendapatkan pendapatan yang stabil, berikut ini telah kami sajikan beberapa usaha yang tidak musiman dan cenderung tidak pernah sepi.

usaha yang tidak musiman
sumber: freepik.com

Inilah 7 Usaha yang Sifatnya Tidak Musiman

Usaha yang bersifat tidak musiman biasanya bergerak di bidang yang berkaitan dengan kebutuhan primer seperti sandang, pangan, dan juga papan. Lalu, apa saja usaha yang tidak musiman tersebut? Berikut listnya:

1. Toko Kelontong

Jenis usaha yang pertama adalah toko kelontong atau sembako. Toko Kelontong biasanya menjual barang atau produk yang dipakai untuk kehidupan sehari-hari. Toko kelontong menjual produk sembako seperti beras, minyak, gula, garam, atau telur.

Toko kelontong juga menjual produk seperti makanan ringan, gas elpiji, galon air, alat mandi, atau alat kebersihan yang pastinya akan terus ada konsumen yang membeli produk-produk tersebut karena biasa dipakai untuk keseharian mereka.

2. Warung Makan

Ada orang bilang ‘kita ini makan untuk hidup dan hidup untuk makan’. Nah, pasti usaha yang berkaitan dengan makanan pasti tidak akan pernah mati, karena manusia akan terus membeli makan untuk keberlangsungan hidup mereka. Seperti usaha warung makan yang terus potensial dikunjungi konsumen setiap harinya.

Mulai dari warung makan kecil seperti warteg atau warung nasi padang hingga warung makan yang sudah besar seperti cafe atau restoran, pasti akan ada pengunjung yang datang untuk makan di sana setiap harinya.

3. Bengkel Kendaraan

Di Indonesia, kebutuhan moda transportasi sangat tinggi untuk aktivitas mobilitas masyarakat. Kendaraan baik itu motor atau mobil banyak digunakan oleh masyarakat untuk berpindah dari satu tempat ke tempat lainnya dengan mudah tanpa harus jalan kaki.

Jika mempunyai kendaraan bermotor, pastinya penggunanya harus melakukan perawatan rutin agar kendaraan yang dimilikinya tetap sehat dan tidak cepat rusak. Untuk melakukan perawatan kendaraan rutin, bengkel menjadi tempat yang biasa konsumen datangi untuk melakukan aktivitas tersebut.

Konsumen juga datang ke bengkel untuk melakukan perbaikan pada bagian kendaraan mereka yang rusak. Setiap hari pastinya akan terus ada konsumen yang mendatangi bengkel. Sebab bagaimana pun performa kendaraan pasti tidak akan selalu dalam kondisi prima dan seringkali mengalami masalah pada sparepart tertentu.

4. Cuci Motor dan Mobil

Bisnis ini masih berkaitan dengan kendaraan motor atau mobil. Di samping kesehatan mesin dan bagian kendaraan yang harus di jaga, kebersihan pada body kendaraan juga harus dijaga oleh pemiliknya. Menjaga kebersihan kendaraan berguna agar kendaraan yang kita miliki tetap menarik dipandang dan juga bisa menjaga kesehatan mesin kendaraan.

Kebersihan kendaraan bisa dilakukan dengan cara dicuci menggunakan air dan sabun cuci kendaraan. Anda bisa mencuci kendaraan sendiri atau bisa ke tempat cuci motor dan mobil. Nah, usaha cuci motor dan mobil ini juga tidak terpengaruh oleh musim tertentu dan pastinya setiap hari ada saja orang yang datang ke tempat cuci kendaraan.

5. Bensin

Bisnis yang satu ini juga masih ada kaitannya dengan kendaraan. Kendaraan membutuhkan bahan bakar seperti bensin untuk bisa berjalan. Anda dapat mengisi ulang bensin di pom bensin terdekat atau di pom mini yang menyediakan bensin eceran. Bisnis jual bensin bisa menjanjikan sebab bisnis tersebut juga menjadi salah satu usaha yang tidak bersifat musiman dan konsumennya pasti akan selalu ada.

6. Pakaian

Usaha jual pakaian juga menjadi salah satu bisnis yang tidak musiman. Pakaian adalah salah satu kebutuhan primer bagi masyarakat. Pakaian berfungsi sebagai penutup aurat, penghias diri, sekaligus pelindung tubuh. Untuk itu, pakaian menjadi komoditas yang sangat vital bagi kehidupan manusia.

Pakaian tersedia dalam berbagai bentuk dan model yang menyesuaikan dengan kebutuhan. Ada pakaian khusus atasan seperti kemeja, kaus, dan jaket. Ada pula pakaian khusus bagian bawah seperti celana dan rok. Anda boleh mencoba bisnis di bidang fashion ini, sebab bisnis yang satu ini terkenal menjadi bisnis yang tidak ada matinya.

7. Laundry

Usaha laundry juga menjadi salah satu usaha yang tidak kenal dengan musiman. Usaha laundry banyak dipakai sebab sebagian masyarakat ada yang tidak punya waktu untuk mencuci pakaian sendiri.

Di samping itu, beberapa usaha laundry memiliki mesin yang lebih canggih atau parfum yang lebih wangi, sehingga menghasilkan hasil cuci yang lebih maksimal daripada mencuci sendiri. Hal itulah akhirnya yang membuat banyak orang tertarik untuk memakai jasa laundry untuk keseharian mereka.

Demikianlah penjelasan mengenai beberapa usaha yang tidak musiman dan berpotensi mendatangkan cuan yang cenderung stabil. Semoga artikel ini bermanfaat.

Ghulam Mannani
Ghulam Mannani Pemuda Biasa yang Gemar Mendengar Lagu-Lagu Iwan Fals

Posting Komentar untuk " 7 Usaha yang Tidak Musiman, Stabil & Terus Cuan"