Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

7 Cara Meningkatkan Penjualan Online Secara Pesat dan Tepat

Di dalam dunia bisnis, semuanya serba dinamis. Bisnis harus fleksibel dalam mengikuti perkembangan zaman yang ada. Seperti halnya di zaman sekarang yang mana perkembangan teknologi digital berubah begitu pesat. Para pelaku bisnis pun mulai banyak yang memanfaatkan penggunaan media sosial sebagai sarana pemasaran untuk meningkatkan tingkat penjualan.

cara meningkatkan penjualan online
sumber: freepik.com

Media sosial memiliki saluran yang beragam mulai dari website, aplikasi media sosial (Instagram, Facebook, atau Twitter), email, Facebook Ads, atau Google Ads. Nah bagi Anda yang baru mau merintis atau sedang menjalankan bisnis secara online, berikut ini ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk meningkatkan penjualan online melalui optimasi penggunaan media sosial.

Ini Dia Beberapa Cara untuk Meningkatkan Penjualan Online

Berikut ini ada beberapa cara untuk meningkatkan penjualan online secara pesat melalui penggunaan media sosial. Apa saja yang bisa dilakukan? Yuk, simak bareng-bareng pada uraian di bawah ini!

1. Optimalkan Website Bisnis Anda

Dalam menjalankan bisnis online, memiliki sebuah website adalah sebuah keharusan. Di samping bisnis Anda akan terlihat profesional, dengan memiliki website Anda juga bisa mendapat pelanggan potensial yang sangat banyak apabila anda melakukan strategi optimasi website yang dinamakan SEO (Search Engine Optimization) dengan benar.

Dengan strategi SEO yang benar, halaman website Anda dapat berada di hasil pencarian teratas mesin pencari seperti Google. Jika website bisnis Anda sudah berada di hasil pencarian teratas, maka Anda dapat berpotensi untuk mendapatkan banyak trafik atau pengunjung website. Hal tersebut tentunya juga dapat meningkatkan tingkat penjualan Anda.

Untuk membuat website Anda bagus di hasil penelusuran, Anda bisa melakukan riset keyword (kata kunci) yang potensial bagi bisnis Anda. Lalu, Anda selanjutnya bisa membuat struktur konten website yang sesuai kaidah SEO yaitu dengan memaksimalkan penggunaan kata kunci dan struktur-struktur lainnya (mulai dari judul, meta deskripsi, heading, atau internal link).

Anda juga bisa membuat desain tampilan (UI) website yang menarik dan mudah digunakan. Kecepatan website Anda juga harus optimal agar proses di loading website Anda tidak menjadi lambat. Anda sendiri pasti malas membuka website yang proses loading-nya lambat bukan?

2. Lakukan Email Marketing

Strategi marketing juga bisa menjadi salah satu cara meningkatkan penjualan online secara efektif. Anda bisa mengirim email kepada target pelanggan yang potensial sekaligus memasarkan produk atau layanan yang Anda jual.

Dengan email marketing yang dibumbui dengan kalimat copywriting yang persuasif, Anda bisa memikat hati pelanggan untuk membeli produk atau layanan Anda. Selain itu, email marketing juga berguna untuk menjaga relasi Anda terhadap pelanggan. Anda juga bisa membuat pelanggan menjadi loyal terhadap produk atau layanan Anda melalui strategi email marketing.

3. Memanfaatkan Media Sosial

Di era serba digital sekarang, orang-orang banyak yang berinteraksi dan berkomunikasi di media sosial. Bahkan, kini dunia terasa terbagi menjadi dua yaitu dunia nyata dan dunia maya. Dengan kondisi tersebut, media sosial pun bisa dimanfaatkan menjadi ajang untuk promosi dan jualan. Media sosial yang banyak digunakan orang antara lain Instagram, Facebook, dan Twitter. 

Nah, cobalah Anda membuat konten yang bagus dan menarik pada media sosial agar orang mau membeli produk atau layanan yang Anda jual. Anda bisa menerapkan copywriting yang jitu atau mengikuti tren kekinian pada konten Anda. 

Anda harus konsisten, kreatif, dan inovatif dalam menciptakan konten marketing di media sosial. Dengan begitu, brand awareness terhadap produk Anda akan tercipta dan penjualan pun dapat meningkat.

4. Bekerjasama dengan Influencer Marketing

Peran influencer di media sosial juga bisa menjadi strategi pemasaran yang efektif untuk meningkatkan penjualan online Anda. Dengan memanfaatkan influencer terkenal yang sudah mempunyai massa atau follower yang banyak, lalu Anda bekerjasama dengan mereka untuk memasarkan produk atau layanan Anda, maka orang-orang akan banyak yang melirik produk Anda atau bahkan sampai membelinya.

Strategi influencer marketing ini memang sudah banyak diterapkan oleh perusahaan-perusahaan zaman sekarang dan terbukti ampuh dapat meningkatkan penjualan. Istilah seperti endorsement atau built in adalah contoh dari penerapan influencer marketing.

5. Menawarkan Promo Khusus dan Diskon yang Menarik

Siapa orang yang tidak tertarik dengan promo khusus dan diskon? Pastinya sebagian besar orang akan tertarik dengan hal tersebut. Nah, bagi Anda para pebisnis, Anda bisa melakukan penawaran khusus dan diskon kepada pelanggan untuk memotivasi mereka membeli produk atau layanan Anda. Anda bisa memberikan promo seperti B1G1 (Buy 1 Get 1), pemberian diskon pada kurun waktu tertentu, atau promo menarik lainnya sekreatif Anda.

6. Tampilkan Ulasan atau Testimoni dari Pelanggan

Cobalah ciptakan kepuasan pelanggan melalui penawaran produk atau layanan Anda yang berkualitas, sehingga pelanggan dapat memberi ulasan positif terhadap produk atau layanan Anda. Nah, ulasan-ulasan positif dari pelanggan tersebut, Anda bisa tampilan pada halaman website, media sosial, atau aplikasi Anda.

Dengan menampilkan ulasan atau testimoni positif tersebut, pelanggan lain bisa melihatnya dan menjadi tertarik untuk membeli produk atau layanan Anda. Sebab pelanggan akan lebih percaya pada produk atau layanan yang memiliki banyak ulasan positif dari pelanggan yang sebelumnya.

7. Memonitor Performa Strategi Marketing

Setelah Anda melakukan banyak strategi pemasaran yang variatif seperti yang disebutkan pada poin-poin di atas, Anda juga harus rajin-rajin mengecek performa analitik dari strategi pemasaran tersebut. Anda bisa menggunakan tools-tools analitik online untuk mengecek performa marketing online Anda.

Jika Anda melakukan strategi pemasaran online melalui website, Anda bisa menggunakan tools seperti Google Analytics, Ahrefs, atau SEMrush untuk mengecek trafik dan performa website Anda. Adapun untuk mengukur performa strategi marketing pada media sosial (IG, Facebook, atau twitter), Anda bisa memakai tools seperti Hootsuite, Brandwatch, atau Socialbakers.

Dengan memonitor performa strategi marketing yang telah Anda jalankan, Anda bisa mengukur kinerja Anda sudah baik atau belum. Selain itu, Anda juga bisa mengetahui perilaku pelanggan Anda dalam menemukan dan berinteraksi terhadap bisnis Anda.

Oke, itulah tadi beberapa cara untuk meningkatkan penjualan online secara pesat, tepat, dan efektif. Semoga artikel ini bermanfaat bagi Anda yang mau atau sedang menjalankan bisnis online.

Ghulam Mannani
Ghulam Mannani Pemuda Biasa yang Gemar Mendengar Lagu-Lagu Iwan Fals

Posting Komentar untuk "7 Cara Meningkatkan Penjualan Online Secara Pesat dan Tepat"