Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Keren Banget! Inilah 5 Influencer yang Punya Bisnis Sukses di Indonesia

Di dunia serba digital seperti sekarang, muncul sebuah istilah kekinian bernama influencer. Apa itu influencer? Influencer adalah orang yang telah mempunyai banyak audience atau follower di media sosial dan mampu memberikan pengaruh terhadap audience-nya tersebut. Influencer bisa terkenal dari platform online seperti Youtube, Instagram, Twitter, atau Blogger. Influencer juga bisa jadi terkenal karena dia merupakan seorang artis atau public figure.

Peran influencer pun sekarang menjadi sebuah profesi yang menjanjikan. Banyak perusahaan yang menggunakan jasa influencer sebagai media promosi bisnis mereka yang kegiatannya disebut influencer marketing. Kalian tahu tentang endorse atau endorsement? Nah, itulah salah satu contoh bentuk dari influencer marketing.

influencer yang punya bisnis sukses
sumber: freepik.com

Teknik influencer marketing memang lumayan efektif. Dengan banyaknya audience yang dimiliki influencer, produk perusahaan yang diiklankan oleh influencer tersebut tentunya akan dilirik oleh banyak orang. Bahkan, sebagiannya mungkin ada yang tertarik untuk melakukan transaksi.

Dan pastinya bayaran influencer untuk mengiklankan suatu produk tidak main-main. Bisa sampai ratusan ribu hingga jutaan rupiah. Besaran bayaran tersebut tergantung pada kapasitas atau jumlah audience yang dimiliki oleh influencer tersebut. Maka tak heran, banyak influencer yang memperoleh banyak penghasilan dari bisnis influencer marketing ini.

Influencer yang sudah memiliki keuntungan banyak tersebut akhirnya banyak yang menginvestasikan uangnya untuk dijadikan bisnis. Bisnis yang dijalankan influencer bisa bergerak di bidang F&B, fashion, properti, atau layanan jasa. Namun, yang menjadi tren bisnis di kalangan influencer sekarang yaitu bisnis kuliner. Nah, berikut ini ada daftar mengenai beberapa influencer yang punya bisnis sukses di Indonesia. Ada siapa saja? Yuk baca uraiannya di bawah ini!

1. Arief Muhammad

Arief Muhammad pertama kali dikenal sebagai selebtwit dengan nama akun @poconggg. Setelah itu, ia lebih dikenal lagi setelah menjadi youtuber sekaligus selebgram. Di samping menjadi seleb medsos, Arief Muhammad juga merupakan seorang pebisnis yang sukses. Dia memiliki banyak bisnis dalam beberapa bidang. Dia memiliki dua usaha di bidang kuliner yaitu Baso Aci Akang dan rumah makan Padang Payakumbuah.

Selain itu, dia juga memiliki bisnis di bidang fashion yaitu Billionaires Project. Dia pun akhir-akhir ini melakukan kerjasama bisnis dengan produsen vape bernama Elfbar.

2. Fadil Jaidi

Seorang seleb tiktok, selebgram, dan youtuber yang satu ini dikenal banyak orang karena sering membuat konten yang lucu dan menghibur bersama bapaknya, Pak Muh. Konten yang natural tanpa dibuat-buat sekaligus tingkah lakunya yang sering usil kepada bapaknya, membuat video youtube-nya sering jadi langganan trending dan membuat orang banyak yang suka.

Fadil Jaidi juga merupakan salah satu influencer yang punya bisnis sukses. Bisnis yang digelutinya saat ini kebanyakan bergerak di bidang kuliner. Dia menjalankan bisnis burger bernama Traffic Bun dan juga bisnis bakso bernama Waroeng Pak Muh. Dua usahanya tersebut tergabung dalam perusahaan F&B Nikmat Group dan telah memiliki banyak cabang di beberapa daerah.

3. Tretan Muslim

Tretan Muslim yang bernama asli Aditya Muslim ini adalah seorang komika alumni SUCI 3 Kompas TV. Namun, ia menjadi lebih terkenal setelah membuat konten komedi tepi jurang bersama Coki Pardede di kanal Youtube MLI (Majelis Lucu Indonesia). Kini, ia lebih aktif membuat konten di kanal pribadinya bernama Tretan Universe.

Selain berbakat di komedi, Tretan Muslim juga ternyata mempunyai bakat di bidang bisnis. Dia telah menjalankan bisnis di berbagai bidang seperti kuliner, fashion, dan bisnis vape. Di bidang kuliner, Tretan punya brand bernama Kopi Ormas, Nasi Sampah Cak Tretan, Honger, dan Nasi Bebek Carok yang baru saja dia buka akhir-akhir ini. Di bidang fashion, Tretan punya brand bernama Sobat Gurun. Dan untuk usaha vapenya, dia menjual liquid dengan nama brandnya yaitu Why.

4. Keanu Angelo

Sosok Keanu terkenal gara-gara sering konten lucu-lucuan di Instagram. Dia sering menunjukkan gaya personanya yang nyablak lucu dan suka asal ceplos ketika menanggapi komentar follower di akun media sosialnya. Tingkah lakunya tersebut akhirnya cukup menghibur banyak orang dan dia pun sukses menjadi selebgram yang bayaran endorse-nya tinggi.

Sebelum memulai karir menjadi selebgram, Pria bernama asli Muhammad Miftahul Huda ini hidup sederhana. Dia pernah menjadi supir ojol hingga penjaga kantin kampus sebelum terkenal. Setelah sekarang sukses, dia pun mencoba mewujudkan mimpi lamanya yaitu mempunyai sebuah bisnis.

Keanu pun akhirnya menjalankan bisnis minuman boba bersama temannya yang merupakan influencer juga yaitu Jovi Adhiguna. Bisnis minuman bobanya tersebut bernama Street Boba yang juga berada di bawah naungan Nikmat Group. Street Boba telah punya banyak cabang yang tersebar di beberapa kota besar. Baru-baru ini juga, Keanu telah membuka bisnis mie ramen dengan nama Rame-yan.

5. Jerome Polin

Jerome Polin Sijabat adalah seorang youtuber sekaligus selebgram yang terkenal karena kontennya yang mengedukasi. Topik konten yang sering dibuatnya yaitu mengenai matematika dan budaya Jepang.

Jerome Polin bersama kakaknya, Jehian Panangian, juga pernah dinobatkan untuk masuk ke daftar Forbes 30 Under 30. Daftar dari Forbes tersebut menghimpun beberapa anak muda di bawah umur 30 yang telah melakukan sebuah terobosan dalam bidang pekerjaannya masing-masing.

Jerome Polin memang masih muda (24 tahun) dan telah memiliki banyak prestasi. Dalam bidang bisnis pun dia cukup berprestasi. Jerome Polin juga merupakan salah satu influencer yang punya bisnis cukup sukses.

Diketahui bersama kakaknya juga yaitu Jehian, Jerome menjalankan bisnis minuman kekinian bernama Menantea. Outlet Menantea kini sudah mempunyai banyak cabang di beberapa daerah strategis. Selain Menantea, Jerome juga melakukan kerjasama bisnis di usaha ramen bernama Kumaw bersama seorang youtuber pecinta satwa, Alshad Ahmad.

Nah, itulah tadi beberapa influencer yang punya bisnis sukses di Indonesia. Semoga dari perjalanan bisnis mereka, kita bisa menjadi terinspirasi juga untuk mempunyai bisnis yang sukses ke depannya.

Ghulam Mannani
Ghulam Mannani Pemuda Biasa yang Gemar Mendengar Lagu-Lagu Iwan Fals

Posting Komentar untuk "Keren Banget! Inilah 5 Influencer yang Punya Bisnis Sukses di Indonesia"