Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Daftar 8 Perusahaan FMCG Terbaik yang Ada di Indonesia, Ada Apa Saja?

Apakah kamu pernah mendengar istilah perusahaan FMCG? Kalau kamu belum pernah mendengarnya, yuk simak artikel ini untuk mengetahui apa itu perusahaan FMCG. Selain itu pada artikel ini juga akan dibagikan daftar beberapa perusahaan FMCG terbaik yang ada di Indonesia. Tapi sebelum membahas bagian tersebut, mari kita mulai dari mengetahui pengertian FMCG itu sendiri terlebih dahulu. Check it out!

Apa itu FMCG?

Melansir dari laman Investopedia, Fast Moving Consumer Goods atau yang biasa disingkat FMCG adalah segala produk yang biasa terjual secara cepat dengan harga jual yang relatif murah dan terjangkau bagi konsumen. Mengapa bisa cepat terjual? Sebab produk FMCG memiliki tingkat permintaan yang tinggi dan rata-rata produknya sering digunakan untuk keperluan sehari-hari. Selain itu, produk FMCG juga biasanya merupakan produk-produk yang tidak bisa bertahan lama dalam jangka panjang dan cepat habis bila dikonsumsi. Lalu apa barang apa saja yang termasuk ke dalam produk FMCG?

perusahaan fmcg
sumber: freepik.com

Contoh Produk FMCG

Produk FMCG adalah produk yang cepat terjual, harganya terjangkau, dan tidak bisa bertahan dalam jangka waktu yang sangat panjang. Produk FMCG bisa dibagi menjadi beberapa kategori antara lain:

  • Makanan Kemasan seperti biskuit, wafer, kacang, keripik, cokelat, permen, snack, dan makanan dalam kemasan lainnya
  • Makanan olahan seperti keju, sosis, nugget, sereal, bakso
  • Roti-rotian seperti roti tawar, roti isi, donat, croissant, pizza
  • Makanan siap saji seperti nasi ready-to-eat meals atau mie instan
  • Makanan segar, makanan beku, dan makanan kering seperti buah-buahan, sayur mayur, nugget, sosis, oats, kismis atau kacang-kacangan kering
  • Minuman seperti minuman bersoda, jus, air minum kemasan
  • Obat-obatan seperti obat pereda nyeri, obat batuk, obat luka, dan obat-obatan lainnya
  • Kosmetik dan perlengkapan mandi seperti bedak, lipstik, parfum, sabun, pasta gigi, sikat gigi, sampo
  • Perlengkapan kebersihan seperti sabun cuci piring, pewangi ruangan, cairan pembersih lantai, cairan pembersih kaca, detergen, pewangi pakaian
  • Alat tulis seperti pensil, pulpen, penghapus, spidol, kertas, buku tulis, dan perlengkapan alat tulis lainnya

Itulah beberapa contoh produk FMCG yang biasa kita temui dalam kehidupan sehari-hari. Kita bisa menemukannya entah di supermarket, minimarket, atau di warung sekali pun. Lalu dari mana barang-barang itu berasal? Nah, sepertinya kita bisa mulai masuk ke bagian selanjutnya, yaitu penjelasan mengenai pengertian perusahaan FMCG.

Apa itu Perusahaan FMCG?

Sederhananya, perusahaan FMCG adalah sebuah perusahan yang memproduksi barang-barang FMCG atau barang-barang yang cepat terjual dan relatif murah terjangkau di mata konsumen. Perusahaan FMCG memiliki pangsa pasar yang besar di berbagai negara. Perusahaan FMCG ada yang bergerak di lingkup nasional sampai multinasional. Di Indonesia sendiri, banyak sekali perusahaan FMCG yang memproduksi barang-barang secara masif. Apa saja perusahaan FMCG tersebut? Simak uraiannya di bawah ini!

Daftar 8 Perusahaan FMCG Terbaik yang Ada di Indonesia

Berikut ini adalah daftar beberapa perusahaan FMCG terbaik yang ada di Indonesia. Bisnis perusahaan-perusahaan ini telah menggurita di kancah nasional maupun mancanegara.

1. PT Indofood Sukses Makmur Tbk

Perusahaan Indofood memproduksi berbagai jenis makanan mulai makanan ringan, mie, tepung terigu, penyedap rasa, makanan bernutrisi, minyak goreng, dan pasta. Perusahaan ini juga memproduksi minuman seperti air mineral, minuman berperisa, dan susu.

Perusahaan FMCG ini didirikan pada tanggal 14 Agustus 1990 oleh Sudono Salim. Kini, Indofood dipegang oleh anak dan cucunya Sudono Salim, yaitu Anthony dan Axton Salim bersama dengan jajaran direksi lainnya. Kantor Indofood berada di kawasan Sudirman, Jakarta.

Indofood telah memiliki lebih dari 50 brand dan beberapa anak perusahaan yang salah duanya termasuk PT Indofood CBP Sukses Makmur Tbk dan PT Bogasari Flour Mills. Adapun brand terkenal yang diproduksi di Indofood yaitu Indomie, Indomilk, bumbu Indofood, Bimoli, Bogasari, Cakra Kembar, air mineral Club, Promina, SUN, dan brand-brand lainnya. Indofood (INDF) melakukan IPO (Initial Public Offering) atau penawaran umum perdana sahamnya pada tanggal 14 Juli 1994

2. PT Mayora Indah Tbk

Perusahaan Mayora memproduksi beragam jenis makanan dan minuman seperti biskuit, wafer, permen, cokelat, kopi, dan minuman sereal. Brand terkenal yang dihasilkan antara lain Better, Sari Gandum, Roma, Slai O,lai, Astor, Tora Bika, Choki-Choki, Kopiko, Kiss, Tora Bika, Le Minerale, Teh Pucuk, dan Energen.

Perusahaan ini berdiri sejak tahun 1977. Pendiri Mayora terdiri dari tiga orang yaitu Jogi Hendra Atmadja, Drs. Raden Soedigdo, dan Ir. Darmawan Kurnia. Perusahaan FMCG ini melakukan IPO pada tanggal 4 Juli 1990 dengan kode MYOR. Kantor ini berpusat di daerah Grogol, Jakarta Barat.

3. PT Unilever Indonesia Tbk

Perusahaan Unilever Indonesia merupakan anak perusahaan internasional, Unilever Group. Perusahaan FMCG ini memproduksi berbagai komoditas mulai dari es krim, jus, kecap, teh, sabun mandi, sabun cuci, pasta gigi, sampo, sabun cuci piring, deodoran, parfum, dan masih banyak lagi.

Unilever Indonesia telah memiliki lebih dari 40 brand terkemuka. Brand terkenal seperti Wall’s, Cornetto, Buavita, Bango, Sariwangi, Lipton, Lifebuoy, Clear, Dove, Sunlight, Sunsilk, Pepsodent, Molto, Rinso, Rexona, Close Up, Clear, dan brand-brand terkenal lainnya diproduksi di Unilever Indonesia.

Unilever Indonesia berdiri sejak tanggal 5 Desember 1993. Dahulu perusahaan ini bernama Lever Zeepfabrieken N.V. Unilever Indonesia kini dikepalai oleh Ira Noviarti, selaku CEO Unilever Indonesia sekarang.

Unilever Indonesia menawarkan saham perdananya kepada publik pada tahun 1981 dan terdaftar di Bursa Efek Indonesia pada tanggal 11 Januari 1982 dengan kode UNVR. Kantor pusat Unilever Indonesia terletak di Tangerang dan memiliki 9 pabrik di Cikarang dan Surabaya.

4. PT Ultrajaya Milk Industry & Trading Co Tbk

Perusahaan FMCG ini khusus menjual produk minuman seperti susu, teh, minuman sehat, dan susu kental manis. Ultrajaya menghasilkan beberapa brand populer seperti Ultra Milk, Teh Kotak, Ultra Sari Kacang Ijo, Ultra Sari Asem Asli, dan susu kental manis Cap Sapi.

Ultrajaya dirintis pada tahun 1971 oleh pengusaha Tionghoa bernama Ahmad Prawirawidjaja. Saat ini, Ultrajaya dipegang oleh generasi kedua Prawirawidjaja, yaitu Sabana dan Supiandi Prawirawidjaja. Ultrajaya berkantor pusat di Padalarang, Bandung Barat. Pada tanggal 2 Juli 1990, Ultrajaya melakukan penawaran saham perdananya kepada publik dengan kode ULTJ.

5. PT Wings Surya (Wings Group)

Wings Group menghasilkan produk-produk yang variatif mulai dari makanan minuman, kebutuhan rumah tangga, dan produk perawatan diri. Wings Group menghasilkan 30 lebih brand seperti Mie Sedap, Nuvo, Daia, Boom, Give, Ale-Ale, So Klin, Super Sol, dan beberapa brand lainnya.

Perusahaan FMCG ini berdiri pada tanggal 21 September 1948. Wings Group didirikan oleh Eddy William Katuari dan Harjo Sutanto. Kantor pusat Wings Group terletak di kota Surabaya.

Wings Group juga melakukan joint venture dengan beberapa perusahaan Jepang seperti Lion Japan, Glico, dan Calbee. Lion Wings memproduksi beberapa brand seperti Komodo, Ciptadent, Emeron, Zinc, Systema, Posh, dan Mama Lemon. Glico Wing memproduksi beberapa produk es krim antara lain Waku Waku, Haku, J-Cone, dan Frost Bite. Sedangkan Calbee Wings memproduksi makanan ringan yaitu Potabee, Japota, dan Krisbee.

6. PT Industri Jamu dan Farmasi Sido Muncul Tbk

Sido Muncul adalah perusahaan FMCG yang memproduksi berbagai produk olahan jamu dan obat-obatan herbal yang dikemas secara modern. Berbagai brand olahan jamu dan obat herbal seperti Tolak Angin, Tolak Linu, Alang Sari Plus, Kuku Bima Energi, Kopi Jahe Sido Muncul, Susu Jahe, dan beberapa brand lainnya. Hingga saat ini Sido Muncul telah memproduksi lebih dari 250 produk olahan jahe dan obat herbal.

Sido Muncul telah berdiri sejak tahun 1940. Sido Muncul dirintis oleh pasangan suami istri (pasutri) Bapak Siem Thiam Hie dan Ibu Rahkmat Sulistio. Sekarang, Sido Muncul dipegang oleh cucu dari Ibu Rahkmat Sulistio yaitu Irwan Hidayat. kantor pusat Sido Muncul terletak di kota Semarang.

Sido Muncul melakukan IPO pada tanggal 18 Desember 2013 dan terdaftar di Bursa Efek Indonesia dengan kode saham SIDO.

7. PT Kalbe Farma Tbk

Kalbe Farma merupakan perusahaan FMCG terbesar yang memproduksi obat-obatan di Indonesia. Berbagai jenis obat mulai dari obat resep, obat pereda nyeri, vitamin, makanan-minuman bernutrisi, dan berbagai jenis produk kesehatan lainnya dihasilkan oleh Kalbe Farma.

Kalbe berdiri sejak tahun 1966. Pendirian Kalbe diprakarsai oleh 6 bersaudara yang terdiri dari Boenjamin Setiawan, F. Bing Aryanto, Khouw Lip Tjoen, Khouw Lip Swan, Khouw Lip Hiang, dan Maria Karmila. Kalbe berkantor pusat di kota Jakarta.

Kalbe terdaftar di BEI dengan kode saham KLBF dan melakukan penawaran saham perdana kepada publik pada tanggal 30 Juli 1991.

8. PT Nippon Indosari Corpindo Tbk (Sari Roti)

PT Nippon Indosari Corpindo Tbk adalah perusahaan FMCG pertama dan terbesar yang memproduksi berbagai jenis roti secara massal di Indonesia. Merek yang dihasilkan dari PT Nippon Indosari Corpindo Tbk yakni ada dua, Sari Roti dan Sari Kue. Produk olahannya ada roti tawar, roti isi selai, roti sobek, kue sponge, dan beragam jenis roti kue lainnya.

Sari Roti berdiri pada tahun 1995. Sari Roti dirintis oleh Wendy Sui Cheng Yap. Kantor pusat Sari Roti terletak di daerah Cikarang, kabupaten Bekasi, Jawa Barat. Sari Roti melakukan IPO pada tanggal 28 Juni 2010 dan terdaftar dalam BEI dengan kode saham ROTI.

Demikian penjelasan mengenai apa itu produk FMCG, jenis produk FMCG, pengertian perusahaan FMCG, dan daftar perusahaan FMCG terbaik yang ada di Indonesia. Semoga artikel ini bermanfaat dalam menambah wawasanmu seputar perusahaan FMCG.



Ghulam Mannani
Ghulam Mannani Pemuda Biasa yang Gemar Mendengar Lagu-Lagu Iwan Fals

Posting Komentar untuk "Daftar 8 Perusahaan FMCG Terbaik yang Ada di Indonesia, Ada Apa Saja?"