Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

10 Startup Media Digital Kredibel yang Sering Dikunjungi Milenial

Industri media kini mulai mengadaptasi perkembangan zaman. Melihat potensi digitalisasi yang terus tumbuh, industri media konvensional pun banyak yang beralih ke media digital. Bahkan, startup media online pun mulai banyak bermunculan.

Memang dengan memanfaatkan platform digital, perusahaan media bisa mendapat keuntungan tersendiri, seperti menghemat biaya produksi dengan meminimalisir publikasi pada media cetak, menyebar informasi secara cepat dan mudah, atau mendapat target pembaca yang lebih spesifik.

startup media digital
sumber: freepik.com

Generasi milenial adalah pengguna internet yang paling dominan. Dalam memperoleh informasi media, generasi milenial lebih menyukai pada sesuatu yang kekinian dan unik, namun tetap kredibel, aktual dan relevan. Seperti beberapa startup media digital berikut yang menyajikan konten-konten terpercaya dan kekinian bagi milenial.

Asumsi

Asumsi merupakan startup media yang fokus membahas kajian politik dan budaya pop. Asumsi bermula dari sebuah channel Youtube yang bermetamorfosis menjadi platform media yang menyajikan artikel, video, newsletter, dan podcast. Asumsi juga aktif bersuara di media sosial. Asumsi dirintis pada tahun 2015 oleh Pangeran Siahaan. Hingga kini, Asumsi terus berinovasi dalam melaksanakan kegiatan jurnalistik yang demokratis.

CXO Media

CXO Media merupakan startup media yang khusus menargetkan kaum muda. CXO Media menyediakan konten yang menarik, inspiratif, dan berwawasan dengan tujuan agar anak-anak muda bisa terdorong untuk melakukan perubahan di masa depan. CXO Media juga berawal dari sebuah channel Youtube yang aktif sejak Agustus 2020. CXO Media didirikan oleh Putri Tanjung yang merupakan anak dari Chairul Tanjung, seorang pengusaha sukses asal Indonesia.

Hipwee

Mengusung slogan “Jembatan Kebaikan Untuk Gen Z dan Millenials”, Hipwee hadir sebagai startup media yang gaul dan kekinian. Hipwee menyajikan konten dengan genre feature, style, hiburan, showbiz, travel, hubungan asmara, dan tips-tips. Hipwee berdiri pada tahun 2014. Hingga kini Hipwee tetap fokus membuat konten viral yang ditujukan bagi kaum-kaum muda.

IDN Media

IDN Media merupakan salah satu startup media terkemuka yang khusus menyasar kaum gen Z dan milenial. IDN Media memiliki visi untuk menyajikan informasi yang demokratis dan menyebarkan dampak positif ke masyarakat. IDN Times lahir pada 8 Juni 2014 atas buah ide dari dua orang bersaudara, Winston dan William Utomo. IDN Times menyajikan konten dengan genre yang lebih bervariasi seperti news, business, sport, Korean lifestyle, tech, health, dan masih banyak lagi.

Kincir

Bagi kamu yang pecinta film atau gamers, Kincir cocok untuk menjadi sumber informasi yang bermanfaat untuk kamu. Kincir memproduksi konten yang khusus bertemakan movie dan game. Di Kincir, kamu bisa mendapat informasi yang up-to-date seputar film dan game. Kincir didirikan pada tahun 2013 oleh seorang mantan vokalis band Nidji, Giring Ganesha Djumaryo.

Kumparan

Kumparan adalah salah satu startup media terpopuler di Indonesia. Target pasar Kumparan lebih menyasar kepada kalangan umum. Kumparan didirikan pada tahun 2017 oleh Hugo Diba, Arifin Asydhad, Ine Yordenaya, dan Yusuf Arifin. Kumparan memiliki prinsip yakni membuat keunggulan dalam hal jurnalisme, storytelling, dan teknologi. Kumparan menyajikan konten dengan topik yang aktual, inovatif, dan beragam.

Narasi

Narasi merupakan startup media yang didirikan oleh jurnalis kondang, Najwa Shihab, pada tahun 2018. Setelah Mata Najwa yang menjadi program unggulannya berpindah tayang dari stasiun Metro Tv ke Trans7, Narasi secara khusus resmi menjadi rumah produksi bagi Mata Najwa.

Narasi tidak hanya berfokus pada Mata Najwa, tetapi juga aktif menyebarkan konten jurnalisme yang kekinian dan idealis, khusus melalui kanal media digital. Narasi tidak hanya menjadikan anak muda sebagai target utama penikmat konten mereka, tetapi Narasi juga mendorong anak muda supaya aktif dan berperan dalam membangun negeri.

Okezone

Okezone merupakan startup media yang menjadi bagian dari MNC Group, perusahaan media raksasa kepunyaan Hary Tanoesoedibjo. Okezone telah berdiri sejak tahun 2007. Okezone menjadi media berita online yang menargetkan pembaca dari semua kalangan. Okezone menghadirkan konten dengan topik yang variatif seperti berita umum, politik, internasional, ekonomi, lifestyle, olahraga, teknologi, travel, otomotif, Food, dan muslim.

PanditFootball

PanditFootball muncul sebagai startup media yang khusus membahas dunia persepakbolaan. PanditFootball menyuguhkan informasi mulai dari taktik, analisis, jadwal pertandingan, liga-liga, dan semua kabar terkini mengenai sepakbola. PanditFootball didirikan pada tahun 2011 atas inisiatif seorang Zen Rachmat Sugito alias Zen RS.

Tirto.id

Tirto.id dirintis pada tahun 2016 oleh Atmaji Sapto Anggoro. Tirto.id merupakan startup media yang menerapkan jurnalisme presisi (precision journalism), yang artinya Tirto.id melakukan kegiatan jurnalisme dengan riset yang mendalam guna mendapatkan fakta yang akurat. Tirto.id menghadirkan berita yang komprehensif disertai dengan foto, kutipan, data statistik, infografik dan rekaman peristiwa sebagai pelengkap dalam membuat konten yang ideal.

Demikianlah penjelasan mengenai 10 startup media digital yang sering dikunjungi oleh milenial. Tapi perlu diingat, kita harus selektif dalam menerima informasi yang bertebaran di media-media digital zaman sekarang. Pilihlah media digital yang mempunyai kredibilitas tinggi dalam menyampaikan informasi seperti startup media yang sudah disebutkan di atas! Jangan sampai kita termakan oleh berita hoax dari media yang abal-abal.

Ghulam Mannani
Ghulam Mannani Pemuda Biasa yang Gemar Mendengar Lagu-Lagu Iwan Fals

Posting Komentar untuk "10 Startup Media Digital Kredibel yang Sering Dikunjungi Milenial"