Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Apa Itu Ilmu Ekonomi? Pengertian, Ruang Lingkup, Prinsip, dan Manfaatnya

Ilmu ekonomi menjadi salah satu ilmu yang paling dipelajari oleh banyak orang. Ilmu ekonomi sangat penting untuk dipelajari karena segala aspek dalam kehidupan sehari-hari berhubungan secara langsung dengan ilmu ekonomi.

Bagaimana tidak? Mulai dari kita bangun tidur, lalu mandi menggunakan air bersih, berangkat kerja dengan motor, makan di warteg, belanja online, sampai kembali tidur lagi saat malam di kasur yang empuk, semuanya berhubungan langsung dengan ekonomi.

Tapi apakah Anda sudah mengenal apa itu ilmu ekonomi? Jika belum, simak uraian berikut ini untuk mengetahui tentang dasar-dasar ilmu ekonomi mulai dari pengertian, ruang lingkup, manfaat, hingga prinsipnya!

Apa Itu Ilmu Ekonomi?

Secara bahasa kata ‘ekonomi’ diambil dari bahasa Yunani yang terdiri dari ‘oikos’ dan ‘nomos’. Oikos memiliki arti ‘rumah tangga’ dan nomos artinya ‘aturan’. Jadi jika dalam arti sempit, ekonomi berarti ‘aturan dalam rumah tangga’.

ilmu ekonomi
sumber: freepik.com

Sedangkan menurut istilah, ilmu ekonomi adalah ilmu yang mempelajari tentang upaya manusia dalam memanfaatkan sumber daya yang terbatas atau langka untuk memenuhi kebutuhan mereka yang pasti tak terbatas. Ilmu ekonomi berfokus kepada cara memaksimalkan penggunaan sumber daya dalam jumlah sedikit untuk mendapat hasil atau laba sebanyak-banyaknya.

Ruang Lingkup Ilmu Ekonomi

Ilmu ekonomi memiliki dua ruang lingkup yang mana keduanya saling berkaitan. Ruang lingkup ilmu ekonomi terbagi menjadi ekonomi mikro dan ekonomi makro. Berikut ini akan dijelaskan secara rinci mengenai dua ruang lingkup tersebut.

1. Ekonomi Mikro

Ekonomi mikro adalah lingkup ekonomi yang membahas mengenai peran pelaku ekonomi baik itu individu, rumah tangga, atau perusahaan dalam mengambil keputusan dan berinteraksi di suatu pasar tertentu. Ekonomi mikro membahas masalah mengenai permintaan dan penawaran, pelaku konsumen dan produsen, harga/biaya, serta pasar.

2. Ekonomi Makro

Ekonomi makro adalah salah satu disiplin ekonomi yang menjelaskan proses perekonomian secara lebih luas dan menyeluruh. Ekonomi makro menitikberatkan kepada segala perubahan ekonomi yang memengaruhi kehidupan masyarakat, perusahaan, atau pasar dalam skala besar.

Masalah yang dibahas ekonomi makro antara lain mengenai inflasi, tingkat pengangguran, perkembangan/pertumbuhan ekonomi, pendapatan nasional, PDB, dan masalah lainnya yang berhubungan dengan ekonomi makro.

Manfaat Ilmu Ekonomi

Setiap ilmu pasti memiliki manfaat bagi kehidupan manusia, begitu pula dengan ilmu ekonomi. Lalu, apa saja manfaat yang bisa kita dapatkan dengan mempelajari ilmu ekonomi? Berikut beberapa manfaatnya:

  • sebagai bahan pengambil keputusan dalam segala tindakan atau kebijakan ekonomi dalam lingkup lokal, nasional, maupun global
  • memahami segala pengetahuan dan permasalahan terkait ekonomi
  • memahami perilaku ekonomi individu, masyarakat, atau perusahaan
  • mampu mengembangkan keterampilan dalam berwirausaha
  • mampu berpikir kritis dan peka terhadap segala permasalah ekonomi

Prinsip Ilmu Ekonomi

Mengutip dari laman Kemenkeu Learning Center, Ilmu ekonomi memiliki 10 prinsip dasar. Prinsip-prinsip tersebut terdiri dari:

  • orang sering dihadapi oleh sebuah trade off
  • untuk memperoleh sesuatu kita harus mengorbankan sebuah biaya
  • orang rasional akan berpikir dengan konsep marginal
  • orang akan tertarik dengan sebuah insentif
  • dalam perdagangan semua bisa untung
  • pasar adalah tempat terbaik untuk mengorganisasikan kegiatan ekonomi
  • pemerintah terkadang dapat memperbaiki hasil mekanisme pasar (intervensi pasar)
  • standar hidup dari suatu negara tergantung pada kemampuan warganya dalam memproduksi barang atau jasa
  • harga dapat meningkat jika pemerintah mencetak uang terlalu banyak (inflasi)
  • masyarakat menghadapi trade off antara pengangguran dan inflasi dalam jangka pendek

Kegiatan Ekonomi

Di kehidupan kita sehari-hari, terdapat 3 kegiatan inti yang terus berjalan dalam roda perekonomian. Kegiatan ekonomi tersebut terdiri:

1. Konsumsi

Konsumsi adalah kegiatan mengurangi atau menghabiskan nilai guna dari suatu barang atau jasa. Contoh kegiatan konsumsi antara lain makan nasi, berpergian dengan menggunakan motor, atau mencukur rambut di barber shop.

2. Produksi

Berkebalikan dengan konsumsi, produksi adalah kegiatan yang menambah atau menghasilkan nilai guna dari suatu barang atau jasa. Contoh kegiatan produksi yaitu penjual pakaian yang merubah bahan baku seperti benang atau kain menjadi sebuah pakaian jadi.

3. Distribusi

Distribusi adalah kegiatan menyalurkan suatu barang atau jasa dari satu tempat ke tempat lainnya. Contoh proses distribusi yaitu ketika suatu perusahaan logistik memindahkan suatu barang dari kota A ke kota B.

Nah, itulah tadi penjelasan mengenai apa itu ilmu ekonomi, ruang lingkup, manfaat, prinsip, hingga kegiatan yang biasa dilakukan dalam dunia ekonomi. Ikuti terus informasi seputar bisnis dan keuangan lainnya di sekadarinfo.com.

Ghulam Mannani
Ghulam Mannani Pemuda Biasa yang Gemar Mendengar Lagu-Lagu Iwan Fals

Posting Komentar untuk "Apa Itu Ilmu Ekonomi? Pengertian, Ruang Lingkup, Prinsip, dan Manfaatnya"