Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

12 Rekomendasi Startup Investasi Terpercaya, Cek Disini!

Motif seseorang dalam berinvestasi memanglah beragam. Ada yang ingin menyiapkan dana darurat, mencapai kebebasan finansial, atau ingin menjadi kaya raya. Namun apapun motifnya, calon investor harus tetap berhati-hati. Setiap investasi pasti memiliki profil risikonya masing-masing. Untuk itu, kenali dan pahami!

Bagi yang tertarik untuk berinvestasi, sekarang banyak bermunculan startup yang menyediakan platform investasi berbasis online. Dengan adanya platform investasi online, tentunya kamu bisa melakukan investasi secara praktis dan mudah. Tapi kamu juga harus pastikan startup tersebut sudah memiliki legalitas perusahaan. Jangan sampai kamu berinvestasi pada startup-starup yang ilegal.

startup investasi terpercaya
sumber: freepik

Nah, pada artikel kali ini, kita akan membahas mengenai beberapa startup investasi yang aman dan terpercaya yang bisa membantu kamu dalam mencapai tujuan berinvestasi. Simak artikel ini sampai habis, ya!

Ajaib

Ajaib Group adalah startup investasi Indonesia pertama dengan titel unicorn di Asia Tenggara. Startup investasi ini didirikan pada tahun 2018 oleh anak-anak muda dari tiga negara berbeda, yaitu Anderson Sumarli asal Indonesia, Yada Piyajomkwan asal Thailand, dan Kevin Lee asal Amerika Serikat. Dikarenakan CEO-nya Anderson Sumarli, maka Ajaib beroperasi di negara Indonesia.

Ajaib Group membawahi dua buah perusahaan yaitu Ajaib Sekuritas (PT. Ajaib Sekuritas Asia) dan Ajaib Reksa Dana (PT. Takjub Teknologi Indonesia). Produk unggulan mereka ialah aplikasi Ajaib yang merupakan sebuah platform investasi yang memudahkan penggunanya untuk berinvestasi saham atau reksa dana secara online.

Ajaib secara resmi sudah terdaftar di OJK (Otoritas Jasa Keuangan), sehingga kamu dapat berinvestasi secara aman dan nyaman.

Amartha

Amartha (PT. Amartha Mikro Fintek) merupakan lembaga keuangan mikro yang menyediakan akses pembiayaan modal (P2P Lending) bagi UMKM di pedesaan. Melalui Amertha, kamu bisa mendanai para UMKM dan mendapat imbal hasil dari usaha UMKM tersebut dengan porsi tertentu.

Amartha berdiri sejak tahun 2010 sebagai microfinance yang menjembatani antara pelaku usaha mikro dengan pemodal secara online. Pendirian Amartha diprakarsai oleh Andi Taufan Garuda Putra yang sekarang juga menjabat sebagai CEO Amartha. Selaku fintech lending, Amartha sudah mengantongi izin usaha dari OJK secara resmi.

Ashmore

Ashmore Group plc. adalah startup yang menyediakan jasa manajer investasi dan penasihat investasi. Startup investasi ini berdiri di London, Inggris, pada tahun 1992. Chairman Ashmore Group plc. ialah David Bennet dan Mark Coombs menjabat sebagai CEO sekaligus founder Ashmore.

Ashmore Group memiliki anak perusahaan di Indonesia yaitu PT. Ashmore Asset Management Indonesia. Perusahaan ini didirikan pada tanggal 29 Januari 2010. PT. Ashmore Asset Management Indonesia sebelumnya bernama PT. Buana Mega Abadi. PT. Ashmore Asset Management Indonesia sudah listing di BEI (Bursa Efek Indonesia) dengan kode AMOR. Perusahaan ini berfokus pada pengelolaan produk reksa dana. PT. Ashmore Asset Management Indonesia sudah mendapat izin usaha dari OJK melalui nomor izin KEP-04/BL/MI/2011.

Bareksa

Bareksa (PT. Bareksa Portal Investasi) adalah sebuah startup investasi yang menyediakan produk reksa dana terlengkap dengan manajer investasi yang kredibel di Indonesia. Bareksa juga menjual Surat Berharga Negara (SBN) ritel online, dikarenakan Bareksa berperan sebagai mitra distribusi yang sudah dipercaya oleh Kementerian Keuangan RI.

Melalui Bareksa kamu juga dapat melakukan transaksi jual beli emas dan menabung untuk biaya umroh secara online. Bareksa berdiri pada tahun 2016. Co-founder sekaligus CEO dari Bareksa adalah Karaniya Dharmasaputra. Tidak perlu ragu untuk berinvestasi di Bareksa, sebab Bareksa juga sudah mendapat lisensi dari OJK.

Bibit

Bibit (PT. Bibit Tumbuh Bersama) diluncurkan pada tahun 2019. Bibit merupakan startup investasi yang menjadi bagian dari Stockbit. Bibit didirikan oleh Wellson Lo, Sigit Kouwagam, dan Johny Susanto. CEO bibit yang sekarang adalah Sigit Kouwagam yang menggantikan Wellson Lo sebagai CEO sebelumnya.

Bibit tadinya hanya berfokus pada penawaran produk reksa dana, namun kini Bibit juga menyediakan fasilitas investasi SBN. Bibit ramah bagi para investor pemula dikarenakan bibit mempunyai fitur bernama Robo Advisor.

Robo Advisor secara otomatis dapat membantu investor pemula dalam menyeleksi reksa dana berkualitas sesuai dengan profil usia, penghasilan, dan tingkat toleransi terhadap risiko. Bibit juga sudah memperoleh lisensi resmi dari OJK.

Indodax

Indodax (PT. Indodax Nasional Indonesia) menjadi startup investasi aset kripto terbesar di Indonesia. Indodax menyediakan layanan jual beli aset kripto seperti Bitcoin, Ethereum, Dogecoin, dan sebagainya. Indodax berdiri sejak tahun 2014. Pendirian Indodax dicetuskan oleh Oscar Darmawan dan William Sutanto.

CEO Indodax kini dijabat oleh Oscar Darmawan. Walaupun transaksi aset kripto masih menjadi kontroversi bagi beberapa pihak, namun Indodax secara resmi sudah mendapat legalisasi dari Bappebti (Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi).

InvestasiKu

InvestasiKu adalah sebuah produk aplikasi dari startup investasi bernama PT. Mega Capital Sekuritas. InvestasiKu memfasilitasi transaksi jual beli saham, obligasi, dan reksa dana. PT. Mega Capital Sekuritas sendiri berdiri sejak tahun 1991 yang sebelumnya bernama PT. Indovest Securities. Direktur utama PT. Mega Capital Sekuritas yang sekarang adalah Yimmy Lesmana.

Aplikasi InvestasiKu dirilis pada tahun 2021 di layanan Play Store. InvestasiKu dari PT. Mega Capital Sekuritas juga sudah mengantongi izin usaha dari OJK.

LandX

LandX (PT. Numex Teknologi Indonesia) adalah sebuah startup investasi yang berbasis equity crowdfunding. Equity Crowdfunding merupakan bentuk penggalangan dana terhadap suatu proyek atau unit usaha dengan perolehan return berupa saham ekuitas. LandX menyediakan layanan transaksi semacam itu.

LandX didirikan sejak tahun 2019 oleh lima sekawan yakni Andika Sutoro Putra, Gunawan Aldy, Romario Sumargo, Anthony, dan Johny Sungkono. LandX telah menyeleksi bisnis-bisnis terbaik yang dapat dijadikan mitra usaha bagi para investor. Tidak perlu cemas untuk bertransaksi di LandX karena aplikasinya sudah berizin dan diawasi oleh OJK.

Tanamduit

Tanamduit (PT. Mercato Digital Asia) merupakan sebuah startup investasi yang menyediakan berbagai instrumen investasi seperti reksa dana, SBN, dan emas. Tanamduit juga menyediakan layanan asuransi. Bagi para investor pemula, Tanamduit memberi fasilitas self-learning untuk membantu mereka dalam mengetahui profil risiko.

Tanamduit didirikan oleh Rini Hapsari S., Indra Suryawan, dan Ferry Aprilianto pada tahun 2017. Aplikasi Tanamduit sudah terdaftar dan diawasi oleh OJK sehingga penggunanya dapat berinvestasi tanpa perlu rasa khawatir.

Tokocrypto

Tokocrypto (PT. Aset Digital Berkat) juga menjadi salah satu startup investasi aset kripto favorit di Indonesia. Tokocrypto menjual berbagai aset kripto seperti Bitcoin, Ethereum, Dogecoin, BUSD, dan koin token lainnya.

Tokocrypto lahir pada tahun 2018 atas prakarsa seorang Pang Xue Kai, CEO Tokocrypto sekarang. Tokocrypto sudah mendapat izin usaha dari Bappebti.

Pada tahun 2020 sendiri Tokocrypto mendapatkan pendanaan resmi dari Binance untuk ekspansi crypto dan edukasi makin masif di Indonesia.

Pintu

Pintu (PT. Pintu Kemana Saja) didirikan oleh Jeth Sutoyo pada tahun 2019. Pintu juga merupakan startup investasi aset kripto di Indonesia. Pintu juga menjual berbagai koin token seperti Bitcoin, Binance Coin, Ethereum, atau Compound. Pintu juga sudah terdaftar dan diawasi oleh Bappebti.

Pluang

Pluang (PT. Bumi Santosa Cemerlang) adalah startup investasi yang menyediakan instrumen keuangan bervariasi. Di Pluang kamu dapat berinvestasi di indeks saham Amerika Serikat (AS), emas, aset kripto, dan reksa dana.

Pluang didirikan oleh Claudia Colonas dan Richard Chua pada tahun 2018. Pluang sudah mengantongi izin dari Bappebti untuk transaksi indeks saham AS, emas, dan aset kripto. Sedangkan untuk transaksi reksa dana, Pluang sudah mendapat izin dari OJK.

Demikian penjelasan mengenai beberapa rekomendasi startup investasi terpercaya yang dijamin aman dan tidak ilegal. Semoga artikel ini bisa menjadi bahan informasi yang bermanfaat agar kamu lebih selektif dalam memilih startup investasi yang ada di Indonesia.

Ghulam Mannani
Ghulam Mannani Pemuda Biasa yang Gemar Mendengar Lagu-Lagu Iwan Fals

Posting Komentar untuk "12 Rekomendasi Startup Investasi Terpercaya, Cek Disini!"