Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Inkubator Bisnis: Definisi, Manfaat, dan Prosesnya

Pertumbuhan startup kini kian marak pada tahun belakangan. Jika Anda ingin membangun sebuah startup, mengikuti inkubator bisnis mungkin bisa menjadi pilihan yang bagus untuk mengembangkan startup Anda. Anda belum mengenal lebih jauh tentang inkubator bisnis? Simak penjelasan berikut ini, yuk!

Definisi Inkubator Bisnis

Mengutip dari laman BDC (Business Development Bank of Canada), inkubator bisnis adalah sebuah program yang memberikan akses pendanaan, program bimbingan, dan dukungan lainnya kepada suatu perusahaan. Perusahaan yang biasanya mengikuti inkubator ialah para startup yang memang benar-benar baru merintis.

sumber: freepik.com

Biasanya inkubator bisnis diselenggarakan oleh instansi ternama seperti perusahaan atau universitas. Instansi tersebut akan memberikan dukungan dalam bentuk permodalan, pengadaan program bimbingan, atau penyediaan sumber daya fisik seperti kantor beserta fasilitas penunjangnya (komputer, furnitur, dsb.). Program inkubator bisnis bisa berjalan dalam waktu beberapa bulan atau tahun.

Manfaat Inkubator Bisnis

Inkubator bisnis menawarkan beberapa manfaat bagi startup. Berikut beberapa manfaat yang bisa startup dapatkan.

Mendapatkan Akses Pendanaan

Manfaat pertama dari inkubator bisnis adalah memperoleh pendanaan. Program inkubator biasanya dihadiri oleh pihak investor atau modal ventura. Startup bisa menjalin hubungan kerjasama dengan investor. Startup yang memiliki business plan atau program inovasi yang bagus akan menarik minat investor untuk melakukan pendanaan.

Menghemat Biaya Sewa

Program inkubator biasanya akan menyediakan ruangan kerja beserta fasilitas pelengkapnya. Dengan begitu startup bisa lebih menghemat biaya sewa dan operasional.

Belajar dan Berkembang

Inkubator bisnis akan memberikan semacam program pelatihan atau bimbingan yang dipandu oleh mentor-mentor yang profesional dari berbagai latar belakang bidang. Melalui program bimbingan tersebut startup dapat belajar bagaimana cara mengembangkan dan membuat inovasi di dalam startup.

Membangun Networking

Manfaat terakhir dari inkubator bisnis adalah membangun networking. Dalam inkubator bisnis, beberapa startup akan ditempatkan dalam co-working space. Di co-working space tersebut startup-startup dapat saling menjalin koneksi dan kerjasama yang menguntungkan.

Proses Inkubator Bisnis

Untuk mengikuti sebuah program inkubator bisnis, umumnya startup akan melalui tiga tahap berikut:

Pendaftaran

Pada tahapan ini calon peserta inkubator akan disuruh mengisi formulir pendaftaran mengenai informasi pribadi atau bisnisnya. Beberapa inkubator juga meminta semacam business plan atau riwayat bisnis sebelumnya sebagai syarat pendaftaran.

Wawancara

Calon peserta inkubator yang telah mendaftar dan lolos seleksi berkas akan masuk ke tahap interview atau wawancara. Calon peserta inkubator biasanya akan diwawancarai oleh pihak penyelenggara inkubator. Calon peserta inkubator harus mempersiapkan diri dan menunjukkan kelayakan mereka untuk mengikuti inkubator.

Pengumuman Keputusan

Biasanya penyelenggara inkubator membutuhkan waktu beberapa minggu untuk membuat keputusan diterima atau tidaknya calon peserta inkubator. Jika kamu diterima, Anda akan mendapat pemberitahuan bahwa startup Anda lolos dan berhak mengikuti program inkubator.

Contoh Inkubator Bisnis di Indonesia

Di Indonesia, inkubator bisnis telah banyak diselenggarakan oleh beberapa instansi ternama. Contoh inkubator bisnis di Indonesia antara lain sebagai berikut:

  • Inkubator Startup Cubic yang diselenggarakan oleh PT Kubika Sejahtera Indonesia
  • Balai Inkubator Teknologi yang diselenggarakan oleh Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi
  • Indigo Creative Nation yang diselenggarakan oleh PT Telekomunikasi Indonesia Tbk.
  • Inkubator Inovasi Bisnis Teknologi (I2BT) Eris Indonesia yang diselenggarakan oleh PT. Endaru Rekadaya Industri Sejahtera
  • Inkubator Industri dan Bisnis yang diselenggarakan oleh Lembaga Pengembangan Inovasi dan Kewirausahaan Institut Teknologi Bandung (LPIK-ITB)
  • Oorange yang diselenggarakan oleh Universitas Padjadjaran
  • IKITAS yang diselenggarakan Yayasan Dewi Sartika Semarang
  • dan masih banyak lagi

Bagaimana? Sudah lebih mengenal mengenai inkubator bisnis? Ternyata inkubator bisnis adalah program yang sangat menguntungkan bagi pihak startup. Startup bisa mendapat pendanaan dari investor dan beberapa manfaat lainnya yang membuat startup menjadi lebih berkembang. Jika Anda ingin mendirikan sebuah startup, cobalah daftarkan startup Anda ke dalam program inkubator!




Ghulam Mannani
Ghulam Mannani Pemuda Biasa yang Gemar Mendengar Lagu-Lagu Iwan Fals

Posting Komentar untuk "Inkubator Bisnis: Definisi, Manfaat, dan Prosesnya"