Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pengertian Bank Digital, Manfaat, Beserta Contohnya

Pemanfaatan teknologi nyatanya telah membuat banyak perubahan dalam berbagai aspek. Beragam inovasi terbarukan pun bermunculan. Misalnya inovasi bernama digital banking di dalam dunia perbankan. 

Perkembangan digital banking pada tahun belakangan mengalami kemajuan yang cukup pesat. Berdasarkan survei McKinsey pada tahun 2017, hampir enam dari sepuluh nasabah bank di Indonesia sangat antusias dalam mengadopsi layanan bank digital.

bank digital
sumber: freepik.com

Laporan BI (Bank Indonesia) juga mengungkapkan bahwa nilai transaksi digital banking terus mengalami tren positif pada tahun 2017-2021. Pada dua tahun kedepannya, nilai transaksi digital banking juga diproyeksikan akan mengalami kenaikan. Hal ini menandakan bahwa digital banking sangat potensial untuk terus bertumbuh dalam jangka waktu ke depan. 

Namun sebenarnya apa sih yang dimaksud dengan bank digital? Apa pula manfaat dari menggunakan bank digital? Yuk simak penjelasannya lebih lanjut pada artikel berikut ini!

Pengertian Bank Digital

Bank digital adalah layanan perbankan yang beroperasi secara online dengan tujuan memberikan layanan yang praktis, mudah, serta cepat kepada nasabah. Tentunya bank digital tetap mengutamakan aspek keamanan dalam transaksinya.

Bank digital umumnya meminimalisir penggunaan kantor fisik dalam memberikan layanan kepada nasabahnya. Kantor fisik hanya digunakan untuk dijadikan kantor pusat atau kantor operasional tertentu. Bank digital tidak memiliki kantor cabang (branchless) seperti halnya bank konvensional. Bank digital lebih dominan memberikan layanan pada media elektronik.

Lalu apa saja yang bisa dilakukan oleh bank digital? Apa layanan yang diberikan oleh bank digital? Sebenarnya layanan yang diberikan oleh bank digital hampir sama seperti bank konvensional pada umumnya. Layanan seperti tarik tunai, transfer, pembayaran/pembelian, ataupun top up e-wallet bisa dilakukan di bank digital. Pastinya semua layanan tersebut sepenuhnya terintegrasi secara online.

Manfaat Bank Digital

Bank digital adalah sebuah terobosan yang luar biasa dalam dunia perbankan. Karena beroperasi secara  online, bank digital dapat memberikan beberapa manfaat seperti:

1. Mudah Bertransaksi Kapan pun dan Di mana pun  

Manfaat pertama dari bank digital adalah kemudahan transaksinya. Dikarenakan bank digital memberikan layanan secara online, hal tersebut membuat nasabah bisa bertransaksi kapan saja dan dimana saja. Nasabah bisa mengakses layanan bank digital selama 24 jam penuh. 

Selain itu, bank digital juga umumnya hadir dalam bentuk aplikasi mobile. Dengan demikian, nasabah bisa melakukan transaksi secara fleksibel dan praktis di mana pun. 

Kamu tidak perlu mendatangi kantor bank atau rela mengantri berjam-jam untuk mendapatkan akses layanan perbankan.  

manfaat bank digital

2. Biaya Administrasi Murah Bahkan Gratis  

Beberapa bank digital memberikan biaya administrasi bulanan yang murah bahkan gratis. Hal tersebut tentunya sangat menguntungkan bagi nasabah karena mereka tidak perlu takut saldo mereka akan berkurang setiap bulannya. 

Bahkan ketika melakukan transfer atau pembayaran tagihan, kamu juga bisa terbebas dari biaya admin jika bank digital yang kamu pakai menawarkan layanan bebas biaya admin.  

3. Penawaran Bunga yang Tinggi  

Keuntungan terkahir dari bank digital adalah bunganya yang menggiurkan. Bank digital berani membuat penawaran bunga deposito yang lebih besar dibandingkan dengan bank konvensional. Rata-rata bunga yang ditawarkan yaitu mulai dari 3,5% hingga 4%. Bila ada promo, bank digital bisa menawarkan bunga yang lebih tinggi lagi.  

Contoh Bank Digital di Indonesia  

Bank digital adalah sebuah sistem baru perbankan yang sudah diterapkan di berbagai negara. Di Indonesia sendiri telah hadir beberapa bank digital terkemuka. Berikut ini adalah beberapa contoh bank digital populer yang ada di Indonesia.  

Bank Jago  

Bank Jago sudah berdiri sejak tahun 1992 yang pada mulanya bernama PT Bank Artos Indonesia. Barulah pada tahun 2020, PT Bank Artos Indonesia berubah nama menjadi PT Bank Jago Tbk. 

Bank Jago adalah bank berbasis digital yang hadir untuk semua kebutuhan pangsa pasar. Bank Jago memiliki prinsip life-centric yang artinya Bank Jago membuatmu fokus menjalani hidup dengan menyajikan solusi keuangan yang mudah, inovatif, dan kolaboratif. Bank Jago juga menyediakan layanan syariah yang bernama Jago Syariah.  

Allo Bank  

Allo Bank merupakan bank digital dari hasil akuisisi PT Bank Harda Internasional oleh PT Mega Corp., perusahaan milik pengusaha besar Chairul Tanjung alias CT. Setelah diakuisisi, PT Bank Harda Internasional berganti nama menjadi PT Allo Bank Indonesia Tbk. pada tahun 2021. Allo Bank hadir untuk mewujudkan semua kebutuhan nasabah, mulai dari kebutuhan finansial sampai hiburan. Allo Bank juga terkoneksi dengan berbagai produk merchant milik CT Corpora.  

Jenius  

Jenius adalah bank digital yang diluncurkan oleh BTPN (Bank Tabungan Pensiunan Nasional). Jenius menawarkan layanan yang aman, cerdas, dan mudah. Kamu bisa mengatur life finance secara mudah hanya melalui smartphone. Jenius dirilis oleh BTPN pada tahun 2016.  

SeaBank  

SeaBank merupakan bank digital milik Sea Group, perusahaan induk asal Singapura yang membawahi e-commerce Shopee dan perusahaan game Garena. Pada tahun 2021, PT Bank Kesejahteraan Ekonomi diakuisisi oleh Sea Group dan berubah nama menjadi PT Bank Seabank Indonesia. Dengan SeaBank, kamu bisa mendapat berbagai keuntungan menarik seperti bebas biaya admin dan transfer serta bunga yang tinggi hingga 6% per tahun.

Demikianlah penjelasan mengenai bank digital mulai dari pengertian hingga contohnya. Semoga artikel ini bermanfaat dalam menambah informasi dan wawasanmu seputar bank digital.


Ghulam Mannani
Ghulam Mannani Pemuda Biasa yang Gemar Mendengar Lagu-Lagu Iwan Fals

Posting Komentar untuk "Pengertian Bank Digital, Manfaat, Beserta Contohnya"