Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Apa Itu SEO? Mulai dari Pengertian Hingga Manfaatnya untuk Bisnis

Akhir-akhir ini istilah SEO menjadi banyak diperbincangkan oleh orang-orang. Bahkan strategi SEO ini mulai banyak diterapkan oleh beberapa perusahaan besar hingga kecil. Tetapi yang jadi pertanyaannya, apa itu SEO? Mengapa bisa begitu menjanjikan? Yuk, ketahui lebih lanjut mengenai pengertian SEO hingga manfaatnya pada uraian berikut!

Pengertian SEO

Search Engine Optimization atau disingkat SEO adalah sebuah strategi yang bertujuan untuk memunculkan website yang kita miliki agar dapat muncul di hasil pencarian teratas mesin pencari (SERP/Search Engine Result Page). Mesin pencari yang dimaksud yaitu seperti Google, Bing, Yahoo, dan sebagainya. Tetapi mesin pencari dengan user terbanyak saat ini adalah Google. Maka anggaplah pada artikel ini, mesin pencari = Google.

pengertian seo
sumber: freepik.com

Lalu apa untungnya jika website kita berada di hasil pencarian teratas Google? Tentunya banyak manfaat yang bisa didapat jika website kita muncul di halaman pertama Google dan salah satunya adalah mendatangkan banyak trafik organik. Apa itu trafik? Trafik bisa diartikan sebagai orang yang mengunjungi website kita. Trafik organik berarti adalah orang yang mengunjungi website kita secara alami, bukan karena iklan berbayar. Website yang baik SEO-nya (apalagi website tersebut berada di rangking teratas hasil pencarian) akan berpotensi lebih mendatangkan banyak trafik.

Lalu, seperti apa sih website yang baik dari segi SEO-nya? Cobalah Anda mengetikkan apapun di Google, semisal "apa itu SEO?", lalu klik enter! Selanjutnya pasti Anda akan menemukan beberapa hasil pencarian dari Google. Nah, hasil pencarian yang pertama kali Anda lihat dari baris 1-10 tersebut itulah konten yang dinilai baik dari segi SEO-nya atau istilahnya 'konten ramah SEO'.

Untuk membuat konten yang ramah SEO, kita perlu melakukan beberapa strategi yang tentunya cukup rumit, penuh pertimbangan yang matang, dan ketelitian. Berikut ini akan dijelaskan mengenai teknik SEO yang biasa diterapkan dalam melakukan strategi SEO.

Teknik SEO

Teknik SEO yang biasa diterapkan umumnya terbagi menjadi dua jenis yaitu SEO on page dan SEO off page. Masing-masing teknik SEO ini tentunya saling berpengaruh untuk menaikkan website yang kita punya bisa muncul di halaman pertama Google. Dua jenis teknik SEO tersebut akan dijelaskan pada uraian berikut ini.

SEO On Page

SEO on page adalah teknik SEO yang aktivitasnya dilakukan pada bagian dalam website itu sendiri, baik dari segi konten ataupun struktur website-nya. Umumnya, aktivitas terkait SEO on page ialah mengoptimasi struktur konten mulai dari permalink (URL), title, meta description, image alt text, internal link, heading/struktur konten, keyword focus, LSI keyword, FAQ (Frequently Ask Question)/PAA (People Also Ask), dan yang paling terpenting kualitas konten. 

Itulah komponen-komponen penting di dalam teknik SEO on page. Apabila optimasi dalam semua komponen on page tersebut sudah maksimal, maka otomatis website-mu dapat direkomendasikan oleh Google untuk berada di halaman pencarian teratas.

SEO Off Page

Berbeda dengan SEO on page yang mengoptimasi komponen di dalam website itu sendiri, SEO off page adalah teknik SEO yang optimasinya dilakukan di luar website yang kita punya. SEO off page erat berkaitan dengan yang namanya backlink. 

Apa itu backlink? Backlink adalah link atau tautan pada website lain yang mengarah kepada website yang kita punya. Semakin banyak backlink yang mengarah pada suatu website, maka kredibilitas website tersebut semakin meningkat dan Google pun akan sangat merekomendasikan website tersebut untuk muncul di hasil pencarian teratas.

Lalu bagaimana cara mendapatkan backlink? Backlink dapat diperoleh melalui berbagai cara. Cara pertama, kamu bisa mengupayakan untuk membuat konten yang berkualitas. Semakin baik kualitas kontenmu, maka website lain dapat menjadikan kontenmu sebagai rujukan. Dengan begitu, backlink akan datang sendirinya ke website yang kamu miliki.

Cara kedua yaitu guest posting. Kita bisa bekerjasama dengan pemilik website lain untuk menautkan link website kita pada artikel mereka. Dengan begitu, kita bisa mendapat backlink dari website lain.

Tapi perlu diingat, pastikan backlink yang kita dapat berasal dari website yang berkualitas. Hal itu bisa dilihat dari Domain Authority (DA), Page Authority (PA), atau jumlah trafik dari website tersebut. Jangan sampai backlink yang kita dapat berasal dari website abal-abal yang DA, PA, dan trafiknya sangat rendah.

Kedua jenis teknik SEO ini, baik SEO on page maupun off page saling berkesinambungan dan mendukung satu sama lain. Jadi, jangan sampai kita berfokus mengoptimasi pada salah satu teknik SEO. Kedua teknik tersebut harus dioptimasi secara baik sehingga website kita dapat auto muncul di hasil pencarian teratas Google.

Tapi selain SEO on page dan off page, terdapat faktor lain yang dapat memengaruhi website kita dapat muncul di ranking teratas hasil pencarian. Faktor tersebut meliputi relevansi konten, kecepatan website, mobile user friendly, usia domain, UI/UX website, search intent, dan keamanan website.

Manfaat SEO

Pada bagian 'Pengertian SEO' sebelumnya, sempat dibahas apabila website kita muncul di hasil pencaraian teratas Google, maka kita bisa mendapat lebih banyak trafik. Itulah sebenarnya salah satu manfaat dari menerapkan SEO. Namun, adakah manfaat lainnnya selain mendatakangkan banyak trafik? Nah, berikut ini akan dijelaskan lebih rinci mengenai beberapa manfaat SEO yang bisa kita dapat apabila kita menerapkan strategi SEO secara baik.

manfaat seo

1. Mendatangkan Lebih Banyak Trafik

"Hampa terasa hidupku tanpa dirimu". Ciahh nyanyi dikit boleh lah ya wkwk. Yap, mungkin lirik dari lagu "Hampa" milik Ari Lasso tersebut bisa menggambarkan bagaimana suatu website bila tidak ada trafik. Trafiklah yang membuat suatu website menjadi lebih hidup. Sebab trafik adalah pengunjung yang membuka suatu website dan melakukan berbagai aktivitas di dalamnya.

Apabila kita melakukan strategi SEO dengan baik, website kita dapat berpeluang untuk muncul di halaman pertama atau bahkan lebih bagus lagi bila berada di baris 1-3 hasil pencarian. Semakin baik rangking website kita di hasil pencarian teratas, maka website kita dapat berpotensi untuk memperoleh lebih banyak trafik. 

Sebab logikanya, orang akan lebih banyak membuka situs yang pertama kali mereka lihat dan itu biasanya website yang bertengger di halaman pertama Google. Apalagi yang berada pada peringkat top 3 di halaman pertama, maka trafik yang didaptkan bisa lebih banyak lagi.

2. Meningkatkan Konversi

Apakah kamu menjual sebuah produk di website-mu dan kamu sudah menerapkan strategi SEO secara baik? Jika jawabannya ya, selamat kamu bisa mendaptkan manfaat kedua dari penerapan SEO. Yap, SEO memang bisa berpotensi meningkatkan tingkat konversi suatu website. Konversi bisa diartikan sebagai tindakan yang ingin dilakukan oleh pengunjung/trafik ketika mereka membuka sebuah website. Konversi website tersebut bisa berupa pembelian produk, sharing konten, mengarahkan ke sebuah landing page, atau mengklik sebuah kontak.

3. Membangun Brand Awareness

Jika kamu menerapkan SEO dengan baik, maka webiste-mu bisa muncul di hasil pencarian teratas. Website-mu yang muncul di hasil pencarian teratas tersebut, tentunya akan dilirik oleh banyak orang. Dengan begitu, website-mu bisa menjadi populer dan semakin banyak orang yang mengenal website-mu. Dari situ, brand awareness dapat tercipta dan orang menjadi banyak yang tahu mengenai value apa yang kamu bawa di dalam website-mu.

4. Meningkatkan Daya Saing dengan Kompetitor

Dunia bisnis itu berlaku hukum rimba, "yang kuat mengalahkan yang lemah". Begitu pun dalam SEO yang masuk dalam ranah bisnis online. Persaingan dalam siapa yang paling bisa muncul di peringkat teratas hasil penelusuran juga berlaku di dalam SEO. Bagi yang bisa menerapkan strategi SEO dengan baik, maka dia bisa mempunyai potensi untuk mengungguli para kompetitornya. Namun sebaliknya, apabila dia kurang dalam menerapkan SEO-nya, maka dia bisa dikalahkan oleh para pesaingnya.

Dan itulah tadi beberapa penjelasan mengenai pengertian SEO, teknik-tekniknya, hingga manfaat penerapannya. SEO adalah strategi yang penuh perhitungan dan kecermatan untuk menemukan peluang yang ada. Semakin baik penerapan SEO yang kita lakukan, maka semakin banyak pula keuntungan yang bisa kita dapatkan. Semoga artikel ini bermanfaat.

Ghulam Mannani
Ghulam Mannani Pemuda Biasa yang Gemar Mendengar Lagu-Lagu Iwan Fals

1 komentar untuk "Apa Itu SEO? Mulai dari Pengertian Hingga Manfaatnya untuk Bisnis"

  1. How can businesses utilize SEO strategies to ensure their websites rank higher in search engine results and attract more traffic? Regard Telkom University

    BalasHapus