Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

4 Alasan Mengapa Bisnis Coffee Shop Bisa Menguntungkan dan Jadi Ladang Cuan

Bisnis coffee shop tampaknya telah menjadi tren dalam dunia bisnis di zaman sekarang. Hal itu bisa dilihat dari banyaknya keberadaan coffee shop yang terletak di beberapa sudut perkotaan yang strategis. Bisnis kopi ini banyak dijalankan oleh semua kalangan. Baik dari anak muda sampai orang dewasa, mereka banyak yang mencoba untuk mencari peruntungan dari bisnis coffee shop.

Bahkan, ada beberapa bisnis coffee shop yang sukses hingga menjadi sebuah perusahaan besar multinasional. Sebut saja Starbucks yang kini telah menjadi perusahaan minuman kopi terbesar di dunia. Atau di Indonesia sendiri ada Kopi Kenangan, salah satu startup F&B yang kini telah berstatus menjadi unicorn (sebutan bagi startup yang telah memiliki nilai valuasi sebesar 1 miliar dolar AS atau setara 14,1 triliunan rupiah).

bisnis coffee shop
sumber: freepik.com

Lantas mengapa bisnis coffee shop kini menjadi populer dan bisa menjanjikan untuk memperoleh keuntungan yang besar? Nah, berikut ini ada 5 alasan mengapa bisnis coffee shop bisa sebegitu menguntungkan dan jadi ladang cuan di Indonesia.

Pangsa Pasar yang Sangat Besar

Indonesia termasuk negara penghasil kopi terbesar keempat di dunia. Kopi menjadi salah satu komoditas yang punya pengaruh penting di dalam pertumbuhan perekonomian Indonesia.

Di samping itu, kopi juga menjadi salah satu minuman favorit bagi masyarakat Indonesia. Berdasarkan data International Coffee Organization (ICO), jumlah konsumsi kopi di Indonesia pada tahun 2011-2021 terus mengalami peningkatan. Pada tahun 2021, jumlah konsumsi kopi di negara kita menyentuh angka 5 juta kantong seukuran 60 kilogram.

Dengan jumlah konsumsi kopi yang tinggi tersebut menandakan bahwa permintaan kopi di Indonesia juga tinggi. Kopi juga menjadi minuman yang memiliki banyak peminat dari konsumennya. Berbagai kalangan dari yang muda hingga tua, orang kelas bawah sampai atas, banyak yang menikmati cita rasa dari minuman pahit ini. Hal inilah yang membuat bisnis coffee shop dapat memiliki pasar yang besar dan bisa memiliki peluang untuk selalu berkembang.

Pengaruh Lingkungan dan Lifestyle

Dengan adanya keberadaan coffee shop, kegiatan minum kopi pun kini telah menjadi sebuah lifestyle tersendiri. Selain berfungsi sebagai tempat untuk minum kopi, coffee shop kini bisa menjadi tempat untuk bersantai, bekerja, mengerjakan tugas sekolah, atau berkumpul bersama teman-teman dekat. 

Coffee shop biasanya didesain senyaman mungkin dan desain interiornya pun dibuat estetik. Hal itulah yang membuat coffee shop menjadi banyak diminati oleh masyarakat. Coffee shop menjadi tempat yang nyaman dan asyik untuk nongkrong sembari minum kopi.

Bisa Dapat Omzet Harian Secara Mudah

Bisnis coffee shop bisa membuat Anda mendapat omzet harian dengan mudah. Sebab pastinya setiap hari ada saja orang yang ingin menikmati kopi di tempat yang memiliki suasana yang nyaman. Apalagi saat hari libur atau akhir pekan tiba, coffee shop akan ramai dikunjungi oleh banyak orang dan omzet pun bisa meningkat secara drastis.

Lumayan Gampang Dikelola

Bisnis coffee shop memang bisa dibilang merupakan bisnis yang gampang dikelola daripada bisnis lainnya. Anda hanya perlu modal untuk menyediakan tempat yang nyaman dan asyik buat nongkrong, bahan baku kopi dan menu sampingan lainnya, serta peralatan pembuat kopi. Semua hal tersebut tidak memerlukan peralatan atau bahan yang kompleks dibanding bisnis F&B yang lainnya.

Dan tentunya untuk menyediakan semua itu tetap memerlukan modal yang begitu banyak. Akan tetapi, pengelolaannya bisa dibilang cukup mudah jika dibandingkan dengan bisnis F&B yang lainnya. Anda hanya perlu memastikan bahwa tempat coffee shopnya nyaman, kopi yang dijual memiliki cita rasa yang nikmat dan menggunakan bahan berkualitas, serta pelayanan yang diberikan kepada pelanggan harus baik. Dengan memaksimalkan itu semua, penjualan bisnis coffee shop Anda akan menguntungkan.

Selain itu Anda juga bisa memanfaatkan strategi pemasaran digital untuk mempromosikan bisnis Anda ke masyarakat luas. Anda bisa memasarkan bisnis coffee shop Anda di website atau membuat konten yang unik dan menarik di media sosial. Apabila strategi pemasaran yang Anda lakukan maksimal, Anda bisa menarik lebih banyak pelanggan dan meningkatkan tingkat penjualan bisnis Anda.

Lalu, Jenis Minuman Kopi Apa Saja yang Biasa Dijual di Coffee Shop?

Nah, setelah mengetahui mengapa bisnis coffee shop bisa menjanjikan, mungkin kita juga perlu tahu apa saja sih jenis minuman kopi yang biasa dijual di coffee shop. Siapa tahu kita juga terpikir untuk membuat bisnis coffee shop juga di kemudian hari, ya kan? Berikut ini akan dijelaskan mengenai beberapa jenis minuman kopi yang biasa dijual di coffee shop.

1. Espresso

Jenis minuman kopi yang pertama adalah espresso. Espresso adalah minuman kopi dengan cita rasa pahit yang paling kuat dibanding jenis lainnya. Hal itu dikarenakan espresso adalah ekstrak kopi yang dihasilkan dari mesin penyeduh dengan tekanan tinggi tanpa dicampur dengan bahan apapun. 

Espresso akhirnya menjadi lebih hitam pekat, teksturnya agak kental, dan rasanya sangat pahit. Espresso sendiri berasal dari bahasa italia yang berarti cepat. Disebut begitu karena penyajian espresso cukup simpel dan hanya membutuhkan waktu yang singkat.

2. Americano

Americano adalah espresso yang hanya ditambah dengan air panas. Dalam pembuatannya, perbandingan antara espresso dan air panas adalah 1:3. Dengan perbandingan tersebut, americano cenderung memiliki rasa pahit yang kuat dan warnanya hitam pekat juga. Tapi tekstur americano menjadi lebih encer dibandingkan espresso dan rasanya tidak begitu terlalu kuat dibanding espresso.

3. Latte

Latte adalah espresso yang dicampur dengan susu panas dan busa foam untuk pelengkapnya. Latte cocok bagi Anda yang tidak terlalu suka kopi hitam yang rasa pahitnya dominan. Karena dicampur susu, rasa latte bisa menjadi lebih manis.

4. Macchiato

Macchiato pada dasarnya sama seperti latte. Namun, kandungan susu yang digunakan lebih banyak sehingga macchiato menghasilkan rasa pahit yang lebih ringan.

5. Cappucino

Cappucino juga sama seperti latte dan macchiato, namun komposisi antara kopi, susu, dan busa foamnya lebih seimbang. Perbandingan yang digunakan antara lain sepertiga bagian untuk kopi, sepertiga untuk susu, dan sepertiga untuk busa foam dalam satu cangkirnya.

6. Mochaccino

Mochaccino adalah perpaduan antara espresso, susu, dan juga cokelat. Karena dicampur dengan cokelat, mochaccino menghasilkan rasa yang lebih manis dan ringan dibanding yang lainnya.

Nah, itulah tadi penjelasan mengenai beberapa alasan mengapa bisnis coffee shop bisa menguntungkan dan jadi ladang cuan. Sebagai tambahan informasi, pada artikel ini juga dijelaskan mengenai jenis minuman kopi apa saja yang biasa dijual di coffee shop. Jadi apakah Anda juga tertarik untuk menjalankan bisnis coffee shop?

Ghulam Mannani
Ghulam Mannani Pemuda Biasa yang Gemar Mendengar Lagu-Lagu Iwan Fals

3 komentar untuk "4 Alasan Mengapa Bisnis Coffee Shop Bisa Menguntungkan dan Jadi Ladang Cuan"

  1. Sy menikmati punya kedai kopi sendiri di dapur sendiri, belum kepikiran buat cafe Coffee. Punya manual brew sendiri di rumah, menikmati kopi serasa di cafe, padahal di rumah sendiri.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau pas lagi main ke Coffee shop, sekalian cari tahu menunya, terus coba² di rumah, tentunya ngimbangi dengan alat yang ada, kalau alatnya belum punya ya jangan dipaksain dulu 😅

      Hapus